Tidak Hanya Untuk Anak-anak, Mewarnai Bagi Orang Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya loh?

Tidak Hanya Untuk Anak-anak, Mewarnai Bagi Orang Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya loh?

Menggambar.-Instagram.com-

Anda tidak lagi peduli dengan suara di sekeliling karena lebih fokus pada kegiatan mewarnai. Jika pikiran melantur maka segera kembalikan kesadaran pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Tol Kapal-Betung Selesai Juni 2023, Macet Palembang-Banyuasin Terselesaikan

Ketika sedang mewarnai, bagian otak yang digunakan terlatih untuk fokus, lalu melepaskan diri dari masalah lain yang mengganggu.

  • Mengurangi stres dan anxiety

Merujuk pada situs MayoClinic, membantu mengurangi stres adalah manfaat lain dari kegiatan mewarnai, sebab otak dan tubuh menjadi lebih rileks. Kualitas tidur bertambah, menenangkan jantung, pernapasan teratur, juga melepas penat dan anxiety (kecemasan).

Memang mewarnai bukan obat paten bagi stres dan anxiety, namun kegiatan ini akan meringankan penderita masalah mental tersebut.

Sebuah penelitian di tahun 2017 dilakukan, dan peneliti yang secara acak memberikan pada sejumlah 104 orang mahasiswi untuk mewarnai dan menyelesaikan puzzle.

BACA JUGA:Sah, Prabowo dan Cak Imin Berpasangan di Pilpres 2024

Partisipan melakukan dua kegiatan itu selama satu pekan, dan hasilnya memperlihatkan adanya penurunan kadar kecemasan dan depresi dibanding pada awal penelitian, laman HealthLine melansir.

Lebih lanjut, hasil senada juga diperoleh pada penelitian di tahun 2012 yang menampakkan efek menenangkan stres yang diperoleh untuk penggunaan warna biru dan pink.

Michele Goldman, psikolog dan Penasihat Media Hope for Depression Research Foundation mengatakan gerakan mewarnai yang berulang terbukti mampu membantu menenangkan untuk orang dengan tingkat stres tinggi.

  • Mengalihkan perhatian (distraksi)

Mewarnai dapat membantu mengalihkan perhatian jangka pendek, sehingga otak dapat beristirahat sejenak dari stres dan tekanan yang sedang dialami. Mengabaikan masalah berat untuk sementara waktu, misalnya 10-20 menit saja, terbukti baik bagi kesehatan.

BACA JUGA:Menyedihkan, Izajah Puluhan Alumni SMK di Palembang Ditahan Pihak Sekolah, Apa Alasannya?

  • Membantu bermeditasi

Mewarnai termasuk kegiatan yang meningkatkan kemampuan bermeditasi. Dengan meditasi maka Anda terbantu untuk lebih mudah mempertajam fokus, meningkatkan konsentrasi dan kesadaran diri terhadap lingkungan.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat kesehatan yang diperoleh dari mewarnai adalah menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, juga meningkatkan kualitas tidur.

  • Tingkatkan kemampuan motorik

Salah satu alasan mengapa anak dan balita diberi kegiatan mewarnai adalah untuk meningkatkan kemampuan motoriknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: