Tidak Hanya Untuk Anak-anak, Mewarnai Bagi Orang Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya loh?

Tidak Hanya Untuk Anak-anak, Mewarnai Bagi Orang Dewasa Ternyata Banyak Manfaatnya loh?

Menggambar.-Instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Mewarnai adalah suatu kegiatan seni dalam melatih kreativitas untuk memberikan suatu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar yang indah.

Meski kegiatan mewarnai buku gambar identik dengan anak-anak, namun sebenarnya kegiatan ini juga memiliki efek yang bagus untuk orang dewasa. 

Manfaat mewarnai bagi orang dewasa juga cukup banyak. Kini mewarnai telah jadi kegiatan populer dan disarankan untuk dewasa sebab dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental.

Bedanya ada pada pola dan desain gambar, anak-anak mewarnai buku dengan karakter kartun yang mudah, sementara orang dewasa mengerjakan pola seni, mandala atau karakter rumit lain.

BACA JUGA:Selain Atasi Kemacetan, Tol Kapal-Betung Hemat Waktu dan DANA Beli BBM

Sama halnya dengan buku mewarnai untuk anak-anak, pada buku mewarnai untuk orang dewasa juga terdapat gambar berwarna hitam putih yang harus diwarnai menggunakan crayon, pensil warna, dan lain sebagainya. 

Perbedaannya hanyalah jika buku mewarnai orang dewasa biasanya bergambar bunga, binatang, pemandangan alam, dan bangunan. Sedangkan buku mewarnai anak lebih detail karena biasanya disisipi edukasi cara membaca.

Apabila sulit menemukan buku khusus untuk mewarnai bagi dewasa, maka banyak pola dan desain yang bisa temukan lalu di print secara online.

Kegiatan mewarnai termasuk ke dalam terapi seni. Dengan terapi ini, diharapkan dapat memperbaiki atau mengembalikan kondisi mental, emosi, dan fisik seseorang agar bisa menghasilkan karya yang kreatif. Kegiatan ini juga dipercaya dapat membantu meredakan stres, mengekspresikan diri, dan meningkatkan kemampuan interpersonal.

BACA JUGA: Ingin Mematikan Suara Google Assistant, Begini Caranya..!

Terapi seni kerap dilakukan dengan memadukan antara kegiatan kreatif dan seni visual disertai dengan psikoterapi atau konseling. Dalam kegiatan mewarnai, pemilihan warna bisa membantu orang tersebut untuk mengekspresikan dirinya.

Salah satu manfaat mewarnai untuk orang dewasa juga bisa sebagai salah satu kegiatan untuk pengalih perhatian ketika sedang dihinggapi perasaan negatif. Misalkan saja perasaan sedih atau kesal. 

Apa Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa:

  • Melatih fokus dan konsentrasi

Mewarnai akan melatih kemampuan untuk fokus dan meningkatkan kesadaran diri. Ketika sedang berkonsentrasi pada pilihan warna dan menjaganya untuk tidak keluar dari garis pola, maka fokus dan kesadaran diri akan meningkat.

Sumber: