Truk Batu Bara Merusak Jalan Desa Macang Sakti Menuju Mangunjaya Kabupaten Musi Banyuasin

Truk Batu Bara Merusak Jalan Desa Macang Sakti Menuju Mangunjaya Kabupaten Musi Banyuasin

Ruas jalan kabupaten dari Desa Macang Sakti menuju Mangunjaya Kabupaten Musi Banyuasin mengalami kerusakan cukup parah, dikarenakan sejumlah angkutan truk batu bara melintasi infrastruktur tersebut--

Kritik, caci maki dan hinaan orang yang tidak tau perjuangan dalam penolakan mobilisasi batu bara ini terus memecahkan telinga pemerintah desa, padahal wilayah yang rusak parah itu bukan wilayah kerja pemerintah Macang Sakti.

Dalam 1 bulan terahir ini, kondisi jalan kabupaten ini, hancur sudah, ratusan mobil batu bara menghalagi masyarakat yang melintas seolah masyarakat tak ada artinya. 

Satu orang masyarakat kemang meninggal dunia akibat lakalantas angkutan batu bara, ambulan lewat sampai menunggu berjam-jam ditengah malam.

Masyarakat mengantri mengemis untuk lewat dan banyak sudah keluhan-keluhan yang tidak dapat kami publikasihan. 

Semuanya takut untuk berorasi secara langsung, karena sistem premanisme struktural dalam batu bara masih sangat tinggi.

Pemerintah Desa terhambat dalam pembangunan jalan desa akibat material tidak bisa melewati jalan kabupaten tersebut, masyarakat terhambat untuk memenuhi kebutuhan sembako, dan pelayanan masyarakat pun sering terhambat karena kondisi jalan tidak bisa dilewati oleh kendaraan kecil.

Terahir pada 2 Desember 2022, melalui desakan masyarakat kepala desa menyurati PT. Astaka Dodol, PT. Batu bara Mandiri dan mobil tangki minyak untuk stop sementara dan memperbaiki jalan yang rusak tersebut. 

Jika tidak diindahkan maka semua masyarakat Desa Macang Sakti akan memblokade jalan kabupten tersebut sampai adanya perbaikan jalan dan layak untuk dilewati masyarakat kecil. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: