Diancam 3 Negara, FIFA Izinkan Ban Lengan Onelove Masuk Stadion?

Diancam 3 Negara, FIFA Izinkan Ban Lengan Onelove Masuk Stadion?

Ban lengan Onelove.-twitter.com/BoArhama/-

Penggunaan ban lengan OneLove ini akhirnya dilarang penggunaanya oleh FIFA. Kapten kesebelasan Inggris dan Wales, akhirnya tidak menggunakan ban lengan OneLove itu, setelah FIFA mengancam akan memberikan sanksi jika mereka nekat menggunakan ban lengan itu.

Ban lengan ini dilarang karena FIFA tidak memperbolehkan penggunaan slogan-slogan ataupun pesan-pesan berbau politik yang ditempel di seragam ataupun perlengkapan bola lainnya.

BACA JUGA:Jepang vs Kosta Rika: Sihir Taktik Hajime Moriyasu, Segel 16 Besar?

Walaupun tidak secara langsung, ban lengan OneLove ini memiliki muatan politik, karena memang ingin mengkritik hukum anti LGBTQ.

Ban lengan OneLove juga ingin menyuarakan inklusifitas, terutama di negara-negara yang secara hukum melarang hubungan sesama jenis.

Apalagi Piala Dunia kali ini diselenggarakan di Qatar, salah satu negara yang melarang hubungan sesama jenis.

Menurut The Scotsman, sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2022, FIFA sudah meluncurkan ban lengan sendiri yang berpartner dengan tiga badan PBB, dan FIFA memang tidak memasukkan ban lengan OneLove dalam kampanye mereka.

BACA JUGA:Belgia vs Maroko: Adu Hebat Playmaker De Bruyne vs Ziyech, The Red Devils Amankan Tiket 16 Besar?

Sebagai protes atas larangan FIFA itu, pada Rabu 23 November 2022 saat jadwal pertandingan antara Jerman dan Jepang, tim Jerman menutup mulut mereka saat sesi foto resmi tim kesebelasan Piala Dunia.

Federasi Sepak Bola Jerman, DFB, dalam akun twitter resmi mereka mengatakan, ban lengan OneLove adalah representasi atas nilai-nilai yang dipegang oleh tim nasional Jerman, yaitu “diversity dan mutual respect” (keberagaman dan saling menghormati).

Bersama dengan negara lainnya, tim sepak bola nasional Jerman ingin suara mereka didengar, karena bagi mereka ini bukan tentang pernyataan politik, tapi tentang Hak Asasi Manusia yang tidak bisa ditawar-tawar.

Menurut DFB, dengan melarang penggunaan ban lengan OneLove, itu sama artinya melarang mereka bersuara.

BACA JUGA:Kroasia vs Kanada: Memburu Gol Perdana

FIFA Sudah Izinkan Bendera LGBT Masuk Stadion Piala Dunia 2022?

FIFA berubah pikiran soal aturan simbol pelangi LGBT di Piala Dunia 2022. Jika sebelumnya melarang, kini induk federasi sepakbola dunia itu disebut menginzinkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: