7 Kelebihan Menggunakan Sistem Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

7 Kelebihan Menggunakan Sistem Aplikasi Absensi Online untuk Perusahaan

--

 

Keunggulan dalam menggunakan absensi secara online adalah lebih efisien dan hemat waktu. Apabila sistem yang masih manual tentu memiliki kekurangan, seperti rawan terjadi titip absen”. Tidak hanya itu saja, apabila mesin absensi hanya satu yang dapat menimbulkan antrean panjang.

 

Dengan menggunakan aplikasi absensi online tentu menjadi solusi yang tepat perihal perasaan yang menyangkut kedisiplinan karyawan atau pegawai. Aplikasi absensi yang dapat dihubungkan melalui telepon seluler ini tentu akan membuat para karyawan menjadi lebih hemat waktu.

 

Tidak hanya itu saja absensi online pun mudah untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja, atau bahkan ketika Anda sedang meeting di luar kantor. Untuk masalah kecurangan, aplikasi absensi secara online sudah dilengkapi dengan fitur geo tagging. Sehingga, apabila terdapat karyawan yang absen di rumah pun atasan akan tetap dapat mengetahuinya.

 

3. Lebih Hemat

 

Dengan menggunakan sistem absensi yang manual, perusahan tentu akan menyediakan berbagai perangkat demi mendukung sistem tersebut, seperti fingerprint. Apabila sebuah perusahaan sudah memiliki banyak karyawan, pastinya akan membutuhkan mesin yang lebih dari satu.

 

Untuk mengatur pengeluaran perusahaan agar tidak perlu membeli mesin fingerprint yang banyak, maka dengan menggunakan aplikasi absensi online merupakan solusi yang tepat. Hal ini dikarenakan tidak lagi membutuhkan perangkat.

 

Dengan menggunakan telepon seluler yang dimiliki oleh setiap karyawan, perusahaan tetap dapat melakukan monitoring data kehadiran para karyawan secara real time.

 

4. Rekapitulasi Lebih Mudah dengan Aplikasi Absensi Online

 

Selain beberapa keuntungan di atas, dengan menggunakan absensi online perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan ketika mengumpulkan data. Apabila menggunakan sistem absensi yang manual, tim HR harus mencatat dan melakukan perhitungan satu per satu.

 

Namun, dengan menggunakan sistem absensi online permasalahan tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah. hal ini dikarenakan aplikasi tersebut sudah terintegrasi dan keseluruhan absen karyawan sudah tercatat dengan rapi.

 

Sehingga pada setiap akhir bulan HR tidak harus melakukan pencatatan data melainkan membuka data yang sudah direkapitulasi otomatis oleh sistem. Tentunya akan lebih hemat tenaga dan waktu, bukan?

 

5. Membuat Karyawan Menjadi Lebih Produktif

 

Tidak sedikit yang mengatakan jika absensi secara manual tentu akan membuat lebih repot. Selain itu para karyawan pun tergolong lebih susah ketika hendak mengajukan lembur atau mengajukan cuti. Hal ini dikarenakan karyawan yang hendak mengajukan haus mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian baru diikuti oleh persetujuan oleh atasan.

 

Dengan menggunakan absensi secara online para karyawan dapat mengajukan cuti hingga lembur hanya dengan menggunakan smartphonenya saja. Meski harus tetap dengan persetujuan atasan. Pengajuan yang diajukan oleh karyawan akan langsung muncul sebagai notifikasi pada aplikasi atasan. Sehingga dapat diakses dimanapun meski di luar kantor.

 

6. Keamanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: