Liga Jerman Akhir Pekan : Big Match Borussia Dortmund vs VfB Stuttgart, Union Berlin Perkokoh Puncak Klasemen

Liga Jerman Akhir Pekan : Big Match Borussia Dortmund vs VfB Stuttgart, Union Berlin Perkokoh Puncak Klasemen

Jadwal Liga Jerman 2022/2023 pekan ke-11 pada 22-23 Oktober 2022 memuat agenda 9 laga.-foto : twitter Bundesliga English-

Persaingan di Klasemen Liga Jerman 2022/2023

Hingga pekan ke-10 Bundesliga Jerman 2022/2023, serangan balik cepat dan mematikan ala Union Berlin belum terbendung. Pekan kemarin, Union Berlin menang 2-0 atas Borussia Dortmund. Hasil tersebut membuat skuad asuhan Urs Fischer mengarungi pekan 11 akhir pekan nanti dengan status pemuncak klasemen Bundesliga.

BACA JUGA:Klasemen MotoGP 2022 : Bagnaia Depak Quartararo dari Puncak

Pertahanan Union Berlin musim ini memang jempolan. Gawang Frederik Ronnow baru kemasukan 6 gol dalam 10 laga di Bundesliga. Rekor ini membuat Union Berlin menjadi klub Bundesliga yang paling sedikit kebobolan musim ini. Rekor pertahanan anak asuh Urs Fischer bahkan lebih baik dari Bayern Munchen yang menduduki peringkat 2 klasemen. 

Melakoni 10 laga, Bayern sudah kebobolan 8 gol sejauh ini. Juara bertahan Bundesliga tersebut memulai musim dengan terseok-seok. Meskipun Bayern tetap mampu memenangkan pertandingan dengan margin skor besar di 3 laga awal, rentetan hasil seri kemudian membuat The Bavarians kesulitan bersaing dengan Union Berlin.

BACA JUGA:Karim Benzema: Saya Mau Pensiun di Real Madrid

Konsistensi menjadi masalah utama lini serang Bayern Munchen. Kehilangan Robert Lewandowski ternyata berpengaruh terhadap ketajaman skuad asuhan Julian Nagelsmann. Die Roten tampil gahar di beberapa laga versus tim papan bawah, tetapi lini serang Bayern justru melempem saat menghadapi tim-tim level atas dan menengah. 

Pada September 2022 lalu, Bayern hanya mampu bermain seri kontra Union Berlin (1-1) dan VFB Stuttgart (2-2). Dua laga ini melanjutkan tren hasil seri sejak Bayern ditahan Monchengladbach di kandang pada akhir Agustus. Bayern bahkan tumbang 1-0 di kandang Augsburg setelah meraih 3 hasil secara beruntun di Liga Jerman. Meski sempat bangkit pada awal Oktober saat menghajar Leverkusen 4-0, Bayern kembali lagi menuai hasil seri di markas Dortmund (2-2). 

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan : Korban Jiwa ke-133 Meninggal Akibat Multiple Trauma

Rentetan hasil buruk itu sempat membuat posisi Bayern melorot ke peringkat 5 klasemen, sebelum bisa mendekati lagi puncak tabel. Namun, posisi Bayern di peringkat 2 klasemen Bundesliga belum sepenuhnya aman karena mereka ditempel oleh SC Freiburg yang hanya tertinggal 1 poin.

Penampilan apik Freiburg musim ini juga merupakan kejutan di Bundesliga. Freiburg yang duduk di peringkat 3 klasemen, sudah meraup 18 poin berkat 5 kemenangan, 3 hasil seri, dan 2 kekalahan. Freiburg dibayangi oleh Hoffenheim dan Eintracht Frankfurt di posisi 4 dan 5 klasemen sementara. 

BACA JUGA:Ditinggal Pilarnya, Argentina Sulit Jawara di Piala Dunia 2022

Dua tim terakhir sama-sama mempunyai 17 poin dari 10 pertandingan di Bundesliga. Hal ini jelas menunjukkan tim-tim di papan 5 besar harus menaruh fokus tinggi di tengah persaingan ketat. Persaingan di tangga berikutnya juga tidak kalah sengit. Monchengladbach, FC Koln, dan Borussia Dortmund berada di posisi 6, 7, 8 klasemen, dengan perolehan poin 16. 

Ketiga kesebelasan tersebut hanya unggul 1 poin atas Werder Bremen, RB Leipzig, dan Mainz 05 yang bertengger di posisi 9, 10, dan 11. Kondisi di papan bawah Bundesliga juga memberikan kejutan. Bayer Leverkusen, yang musim lalu finis di posisi 3 klasemen Bundesliga, harus berjibaku di zona degradasi. Hingga pekan 10, Bayer Leverkusen harus bersaing dengan Bochum dan Schalke 04 untuk keluar dari zona degradasi.

BACA JUGA:Jika Kylian Mbappe Gabung Liverpool, Untungnya Banyak atau Ruginya Banyak ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: