Waspada 5 Penyakit saat Musim Hujan, Simak Baik-baik Sebelum Terlambat

Waspada 5 Penyakit saat Musim Hujan, Simak Baik-baik Sebelum Terlambat

Menjaga kesehatan saat memasuki musim penghujan merupakan sebuah keharusan--Pixabay/marmax--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Pada musim penghujan biasanya akan dibarengi dengan muncul nya sejumlah penyakit.

Nah, untuk itu kita harus waspada, terutama apabila akan terjadi bencana banjir yang sangat rentan untuk tumbuh kembangnya penyakit.

Beberapa penyakit yang menyerang sebenarnya penyakit yang bisa dibilang ringan, sehingga banyak yang menyepelekannya, seperti influenza.

Salah satu yang diperhatikan jelang musim penghujan adalah kondisi tubuh, menjaga kesehatan saat memasuki musim penghujan merupakan sebuah keharusan.

BACA JUGA:PWI Lubuklinggau Segera Laksanakan Konferensi

Pasalnya tubuh akan rentan diserang penyakit jika seseorang mengabaikan kesehatan, begitu banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh dalam kondisi tubuh tidak fit.

Maka dari itu baiknya kita harus waspada dan peduli dengan kondisi tubuh saat musim hujan datang.

Dilansir dari PMJ NEWS, berikut adalah sejumlah penyakit saat memasuki musim hujan yang harus diperhatikan.

1. Demam Berdarah

BACA JUGA:Gadis Desa Muratara Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Itam

Bisanya seseorang akan terkena demam berdarah saat musim hujan, penyakit ini diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejalanya antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, hingga hipersensitivitas.

Oleh karenanya menyediakan obat anti nyamuk, pakaian hangat yang tebal, khususnya kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda sangat penting.

2. Chikungunya

Chikungunya umumnya berasal dari gigitan nyamuk, biasanya nyamuk-nyamuk itu berkumpul di genangan air yang ditemukan di AC, pendingin, tanaman, peralatan, hingga pipa air.

BACA JUGA:Kenali 7 Manfaat Rutin Makan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Akibat nyamuk itu, orang yang digigit akan merasakan nyeri sendi dan demam 

3. Diare

Diaere merupakan penyakit yang menyerang usus, disebabkan karena konsumsi makanan dan air yang tidak higienis. Ada dua macam diare, akut dan kronis yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan makan makanan rumahan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Malaria

BACA JUGA:Kodim Lubuklinggau Amankan 14 Truk Batu Bara

Malaria karena disebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di daerah yang tergenang air

Orang yang menderita malaria akan merasakan demam, menggigil, nyeri otot, dan lemahnya tubuh merupakan gejala malaria yang paling sering terjadi. 

Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air di rumah Anda dan menjaga kebersihan lingkungan.

5. Influenza

BACA JUGA:7 Jenderal Diduga Masuk dalam Lingkaran Konsorsium 303

Flu juga menjadi salah satu penyakit yang biasa dialami seseorang saat musim hujan, tak jarang seseorang mudah terkena flu bahkan disertai demam.

Tips agar Tetap Sehat Selama Musim Hujan

1. Konsumsi makanan 

Anda bisa konsumsi kacang-kacangan serta sayur dan buah, seperti apel, anggur, jeruk, mangga, kurma, brokoli, bawang putih, jahe, tomat, dan ubi. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Propam Tahan Oknum Polisi Polda Sumsel Pemilik Lahan dan Rumah Megah Terbakar

2. Tetap teratur berolahraga

Sejumlah pilihan olahraga yang dapat dilakukan selama musim hujan, antara lain lompat tali, yoga, senam, dan home workout, seperti push-up dan sit-up. 

Perlu diingat bahwa olahraga sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali per minggu, selama 30-45 menit setiap kali berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulainya.

3. Biasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan

BACA JUGA:Perlu Anda Tahu, Ini 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Beberapa perlindungan tambahan juga dapat kita lakukan, misalnya menggunakan masker agar tidak tertular kuman dari orang yang sedang sakit dan menggunakan baju yang hangat bila udara sedang dingin.

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Penyakit saat Musim Hujan yang Wajib Diwaspadai, Simak Baik-baik Sebelum Terlambat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: