Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Tulang

Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat Susu Kacang Kedelai Bagi kesehatan Tubuh-bigfatcat-Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID -

Susu kedelai biasanya dipilih sebagai pengganti susu sapi. Selain jadi susu pengganti bagi orang yang memiliki alergi laktosa, susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan.

Awalnya susu kedelai merupakan limbah dalam proses pembuatan tahu, kini minuman ini dijual sebagai pengganti susu bebas laktosa yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup vegetarian atau memiliki alergi laktosa, susu kedelai adalah pilihan yang baik. Melihat banyak manfaat kedelai yang ditawarkan, banyak yang beralih dari susu sapi ke susu kedelai.

Akan tetapi ternyata ada banyak olahan susu lain, selain sapi tentunya, yang mempunyai manfata besar bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya yakni ada olahan susu kacang kedelai.

BACA JUGA:Hasil Liga Italia Fiorentina vs Juventus : Milik Kembali Cetak Gol, Bianconeri Hampir Kalah dari La Viola

Susu tersebut diolah dengan cara dari rendaman kacang kedelai, lalu dihaluskan dan direbus. Setelahnya disaring dan baru menghasilkan susu kedelai.

Tahukah Anda, ternyata susu kedelai meruapkan olahan susu yang paling mirip dengan susu sapi karena memiliki kandungan rendah lemak.

Segelas susu kedelai mengandung sekitar 100 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat.

Bahkan susu tersebut mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, dan fosfor.

BACA JUGA:Everton Vs Liverpool : Banyak Peluang, Berakhir Dengan Skor Kacamata

Lebih luar biasnaya lagi, susu kedelai ternyata terdapat kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan isoflavon.

Lantas, apa saja sih manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi dengan rutin?

Dikutip dari laman Alodkokter, berikut 4 manfaat susu kedelai murni.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022 : Jack Miller Start Di Grid Terdepan

Tak hanya baik dikonsumsi sebagai alternatif pengganti susu sapi, susu kedelai pun bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin, dan mineral yang diketahui baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi.

Di samping itu, susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

2. Kurangi gejala menopause

BACA JUGA:Gadis Disabilitas yang Diculik Tiba-tiba Pulang

Produksi hormon estrogen akan berkurang seiring bertambahnya usia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gejala menopause, seperti kelelahan, vagina kering, serta rasa panas dan berkeringat di malam hari.

Untuk meredakan gejala menopause, Anda bisa coba rutin mengonsumsi susu kedelai.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan isoflavon pada susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen yang dapat menjaga kadar hormon estrogen di dalam tubuh tetap seimbang.

3. Menjaga kesehatan tulang

BACA JUGA:Heboh Kambing Mata Satu dan Berwajah Manusia Lahir di Bengkulu

Seiring dengan pertambahan usia, tingkat kepadatan tulang juga bisa berkurang.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang agar kepadatan tulang tetap terjaga dan terlindung dari pengeroposan tulang.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai.

Susu ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Sopir Angkot di Lubuklinggau Berharap Ongkos Naik

4. Dapat Bantu Cegah Anemia

Susu kedelai juga merupakan minuman yang baik untuk mencegah anemia.

Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 yang berperan penting dalam produksi sel-sel darah merah.

Susu kedelai juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk mencegah anemia pada orang yang menjalani pola makan vegetarian.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Jangan Remehkan Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Cegah Anemia Loh

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: