Buruan Dicoba Yuk, 5 Makanan Kaya Kalsium untuk Tunda Pengeroposan Tulang

Buruan Dicoba Yuk, 5 Makanan Kaya Kalsium untuk Tunda Pengeroposan Tulang

Manakan kaya kalsium untuk kesehatan tulang--Freepik--

LINGGAUPOS.CO.ID - Tulang akan mengalami pengeroposan seiring bertambahnya usia.

Hal ini merupakan proses alami dan mungkin tidak sepenuhnya dapat dicegah.

Salah satu cara untuk mengurangi atau memperlambat dengan cara mengkonsumsi kalsium yang cukup.

Dilansir dari PMJ News, berikut makanan kaya kalsium:

1. Kedelai

Tahu akan menjadi alternatif bijak untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda jika Anda vegan dan sadar akan pola makan. Tahu tidak mengandung kolesterol dan secara alami bebas gluten.

Produk kedelai lainnya, seperti tempe, susu kedelai yang diperkaya dapat menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang juga tinggi kalsium.

2. Sayuran

Sayuran yang lebih populer dengan sebutan sayuran berdaun hijau ini sangat kaya akan nutrisi. Kelompok makanan ini termasuk selada, bayam, kol, brokoli, kembang kol dan sebagainya. Sayuran merupakan sumber kalsium yang bagus untuk para pelaku diet.

3. Produk Susu

Produk susu merupakan sumber protein dan kalsium yang populer. Produk olahan susu seperti susu dan yoghurt khususnya dikenal manfaatnya bagi tubuh terutama tulang.

Keju adalah sumber kalsium lainnya. Sebagian besar produk susu dapat disiapkan dan dikonsumsi dengan berbagai cara, menjadikannya sebagai tambahan yang 

4. Almond

Kacang-kacangan pada umumnya kaya akan berbagai nutrisi. Almond adalah sumber protein dan kalsium yang baik, yang keduanya memastikan kesehatan tulang, otot, dan persendian lebih baik.

Kacang almond juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara seperti susu almond, mentega almond dan lain sebagainya.

5. Telur

Telur kaya akan berbagai nutrisi termasuk protein, kalsiumndan vitamin D yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulan. Namun, untuk memastikan Anda mengekstrak nutrisi yang cukup, pastikan Anda mengonsumsi telur utuh dan bukan hanya putih telur.

Pengeroposan tulang bisa diistilahkan juga dengan osteoporosis.

Osteoporosis sering kali tidak menimbulkan gejala apa pun. Kondisi ini biasanya baru diketahui saat seseorang mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang.  Seiring berkurangnya kepadatan tulang, penderita bisa mengalami gejala berikut:

-Mudah mengalami patah tulang walau hanya karena benturan yang ringan

-Nyeri punggung yang biasanya disebabkan oleh patah tulang belakang

-Postur badan membungkuk

-Tinggi badan berkurang 5 Makanan Kaya Kalsium untuk Tunda Pengeroposan Tulang, Buruan Dicoba Yuk

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 5 Makanan Kaya Kalsium untuk Tunda Pengeroposan Tulang, Buruan Dicoba Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: