Tingkatkan Keamanan dan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Razia Blok Hunian

Tingkatkan Keamanan dan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Razia Blok Hunian

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar pemeriksaan atau razia kamar hunian secara berkala, Sabtu 19 Oktober 2024.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

LINGGAUPOS.CO.ID - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti menggelar pemeriksaan atau razia kamar hunian secara berkala, hal ini sebagai upaya meningkatkan keamanan dan deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan, Sabtu 19 Oktober 2024.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh di semua blok hunian secara acak, dengan fokus pada penggeledahan barang-barang terlarang yang berpotensi membahayakan keamanan, seperti senjata tajam, narkotika, dan barang-barang elektronik yang dilarang.

Pemeriksaan melibatkan petugas Satuan Operasional Kepatuhan Internal dan keamanan Lapas Narkotika Muara Beliti diantaranya, Ka KPLP, Kasi Kamtib dan jajarannya serta anggota jaga lainya.

Penggeledahan ini bertujuan untuk mencegah keluar masuknya barang-barang terlarang  yang dapat mengganggu keamanan serta ketertiban di lingkungan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. 

BACA JUGA:Kasubag TU Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Keuangan RI

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Berikan Sosialisasi Permenkumham No 8 Tahun 2024 Kepada Warga Binaan

BACA JUGA:Kembangkan Kemampuan, WBP Lapas Narkotika Muara Beliti Kembali Berlatih Hadroh

Ka KPLP, Abdul Rafik menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan tersebut juga sejalan dengan instruksi dari Kementerian Hukum dan HAM, utamanya Dirjen Pas, yang menekankan pentingnya pelaksanaan deteksi dini terhadap potensi gangguan di dalam Lapas. 

"Dengan pemeriksaan berkala, diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan menciptakan lingkungan lapas yang lebih kondusif,"ucapnya. 

Selain pemeriksaan fisik kamar hunian, petugas juga memberikan penyuluhan kepada warga binaan terkait pentingnya menjaga ketertiban dan bekerja sama dalam menciptakan suasana aman di dalam Lapas.

Selanjutnya di lain tempat Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan guna memastikan tidak adanya barang-barang terlarang yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, karena menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas adalah tanggung jawab semua pihak.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Muara Beliti Ikuti Undangan Bimbingan Teknis Langkah-langkah Percepatan Kinerja Sektor

BACA JUGA:Bukti Komitmen Pelayanan Kesehatan, Klinik Lapas Narkotika Muara Beliti Raih Sertifikat Akreditasi Paripurna

BACA JUGA:Wali Pemasyarakatan Lapas Narkotika Muara Beliti Beri Arahan Kepada WBP Terkait Instrumen SPPN

"Kami akan terus berkomitmen menciptakan Lapas yang bebas dari harlinar ( HP, Pungli, dan Narkoba ), maka dari itu kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan secara rutin guna memastikan Lapas terus dalam keadaan kondusif"  tegasnya.

Kegiatan razia dan penggeledahan Blok Hunian di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti berlangsung dengan aman dan kondusif.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat mendukung proses pembinaan, dan mempersiapkan warga binaan untuk kembali ke masyarakat.

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: