Penyelam di Sungai Musi Palembang Temukan Arca Buddha Diduga Peninggalan Zaman Dahulu, Begini Hasil Penelitian

Penyelam di Sungai Musi Palembang Temukan Arca Buddha Diduga Peninggalan Zaman Dahulu, Begini Hasil Penelitian

Penyelam di Sungai Musi Palembang Temukan Arca Buddha Diduga Peninggalan Zaman Dahulu, Begini Hasil Penelitian--Dok: Plh Kepala Museum Negeri Sumsel

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Penyelam di Sungai Musi PALEMBANG, Sumatera Selatan  berhasil menemukan benda peninggalan zaman dulu diduga Archa Buddha Cakra Mudra. Begini hasil penelitian.

Beberapa waktu yang lalu penyelam di Sungai Musi berhasil menemukan patung arca Buddha, yang diduga patung tersebut adalah Archa Buddha Darma Cakra Mudra.

Lantas, Arca Buddha itu pun sempat diteliti oleh tim dari Museum Negeri Sumsel dan arkeolog untuk memastikan dugaan tersebut.

Adapun, Plh Kepala Museum Negeri Sumsel, Amrullah turut membenarkan adanya penemuan patung arca Buddha tersebut.

BACA JUGA:Kabar Duka, Pencipta Tari Tanggai Khas Sumatera Selatan Meninggal Dunia

Ia juga mengatakan bahwa patung Arca Buddha tersebut ditemukan di kedalaman Sungai Musi sekitar 50-60 meter.

“Iya benar beberapa waktu lalu penyelam menemukan patung Arca Buddha Dharma Cakra Mudra di kedalaman Sungai Musi sekitar 50-60 meter,” ujarnya pada Selasa, 16 Juli 2024.

Kata Amrullah, saat penyelam menemukan arca Buddha tersebut, mereka langsung melaporkan ke museum. Untuk selanjutnya pihak museum berkoordinasi dengan arkeolog untuk melihat arca Buddha tersebut.

“Saat kita datang ke lokasi bersama arkeolog, dari segi batu benar itu arca Buddha. Tapi belum tahu arca Buddha Darma Cakra Mudra tersebut berasal dari abad keberapa karena mesti di teliti lagi kebenarannya,” jelasnya.

BACA JUGA:Resep Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya, Nostalgia Masa Lalu, Nikmat Disajikan Hangat Bersama Keluarga

Namun, saat ditemukan, arca Buddha Darma Cakra Mudra tersebut dalam keadaan masih utuh dengan tinggi sekitar 64 cm. Hanya ada sedikit gompal di bagian lutut.

Meski begitu, kata Amrullah, pihaknya bersama arkeolog masih akan memeriksa lagi keaslian arca tersebut. Untuk saat ini, arca Buddha itu masih dititipkan di rumah penyelam tersebut.

“Arca tersebut belum dihibahkan ke museum oleh penyelam yang menemukannya dan saat ini arca Buddha itu masih di rumah penyelam itu. Nanti akan diperiksa keasliannya takutnya arca buatan,” lanjutnya.

Amrullah juga mengimbau kepada masyarakat yang jika menemukan barang peninggalan zaman dahulu agar segera melapor untuk dihibahkan ke museum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: