Sebelum Berkurban Idul Adha, Ketahui Begini Syarat Sah dan Kriterianya Menurut Empat Mazhab

Sebelum Berkurban Idul Adha, Ketahui Begini Syarat Sah dan Kriterianya Menurut Empat Mazhab

Sebelum Berkurban Idul Adha, Ketahui Begini Syarat Sah dan Kriterianya Menurut Empat Mazhab--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam menyambut Idul Adha yang dilengkapi dengan melaksanakan kurban, ketahui ini syarat sah bagi orang yang berkurban dan kriterianya menurut empat mazhab, simak dalam ulasan di bawah ini.

Tidak terasa bulan Mei akan segera berakhir, dan akan segera memasuki bulan Juni 2024 yang terdapat hari Raya Idul Adha di dalamnya.

Yakni berdasarkan Kementerian Agama (Kemenag RI) melalui Kalender Hijriah yang diterbitkannya menyebutkan Hari Raya Idul Adha 2024 jatuh pada 17 Juni 2024.

Salah satu peristiwa penting yang tak luput dari Idul Adha adalah Kurban. Kurban merupakan salah satu amalan yang paling utama dalam ajaran agama islam.

BACA JUGA:Pilkada Lubuk Linggau 2024: Hendri Almawijaya Janjiikan Lapangan Kerja, Ketua Demokrat Terpesona

Dalam islam sendiri ketentuan mengenai kurban telah diatur termasuk didalamnya syarat bagi orang yang berkurban dan kriterianya.

Meskipun kurban adalah termasuk salah satu ibadah yang hukumnya sunnah, namun ada kriteria dan syarat sah yang harus dipahami sebelum anda berkurban.

Nah, ibadah kurban sendiri dilakukan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, yaitu hari ke-10 di bulan Dzulhijjah, juga pada hari tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Secara harfiah, kurban dalam bahasa Arab artinya hewan sembelihan seperti unta, sapi, dan kambing yang disembelih pada Hari Raya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Terima Kunjungan Safari Dakwah Ustadz Abdurahman Al Banjari

Maka dari itu, daging kurban harus dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Lantas, apa syarat orang berkurban dalam islam serta bagaimana kriterianya menurut empat mazhab, berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, dikutip dari NU Online, berikut.

Syarat Orang Berkurban 

• Beragama Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: