Keren, Indonesia Berhasil Kirim Bantuan Kemanusiaan Via Udara ke Palestina, Begini Faktanya

Keren, Indonesia Berhasil Kirim Bantuan Kemanusiaan Via Udara ke Palestina, Begini Faktanya

Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah berhasil menyalurkan bantuan kemanusiaan via udara dari Indonesia ke daerah Gaza, Palestina.--Instagram @prabowo

LINGGAUPOS.CO.ID – Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah berhasil menyalurkan bantuan kemanusiaan via udara dari Indonesia ke daerah Gaza, Palestina.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 15 April 2024, bantuan tersebut diangkut dengan pesawat Super Hercules C-130 punya TNI AU.

Pada misi penyaluran bantuan tersebut, TNI berkolaborasi dengan tentara Royal Jordania Air Force (RJAF).

Kerja sama mengenai misi kemanusiaan ini telah digagas oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Raja Yordania Abdullah II melalui sambungan telepon pada Selasa, 12 Maret 2024.

BACA JUGA:ASN Lubuk Linggau Dapat Bonus Libur 2 Hari Setelah Idul Fitri 2024, Ini Ketentuannya

"Alhamdulilah terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini," kata Komandan Satgas Misi Pengiriman Bantuan, Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Menurut informasi, ada sebanyak 20 paket bantuan kemanusiaan ini berisi makanan, air mineral hingga obat-obatan dengan berat masing-masing 100 kg sudah diterima oleh warga Gaza.

Sementara itu, Kolonel Noto menjelaskan bahwa pengiriman bantuan via udara tersebut adalah realisasi pernyataan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi di Madiun pada Jumat, 8 April 2024 lalu.

Jokowi mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan untuk dapat memberikan bantuan ke Gaza melalui udara.

BACA JUGA:WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Isi Waktu Luang di Perpustakaan Lapas

Menurut informasi, faktanya Raja Abdullah II lalu meminta Duta Besar Yordania untuk Indonesia, Sudqi Al Omoush guna bertemu dengan Prabowo di Kementerian Pertahanan pada Kamis, 21 Maret 2024.

Pada saat pertemuan tersebut, Yordania menyampaikan bahwa undangan langsung pada Indonesia untuk dapat ikut berpartisipasi dalam operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui udara.

"Indonesia mengakui persahabatan abadi dengan Yordania karena kedua negara tetap berkomitmen untuk memupuk perdamaian dunia, khususnya di Timur Tengah, dan meningkatkan kerja sama bilateral untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama," ujar Prabowo dalam pertemuan tersebut.

Misi yang melibatkan TNI AU dengan RJAF guna pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui udara lalu mulai untuk dijalankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: