Ingin Tampil Cantik, Ikuti Tips Ini untuk Pilih Produk Kosmetik yang Aman Digunakan saat Lebaran 2024

Ingin Tampil Cantik, Ikuti Tips Ini untuk Pilih Produk Kosmetik yang Aman Digunakan saat Lebaran 2024

Produk Kosmetik yang Aman Digunakan saat Lebaran 2024--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Memakai riasan wajah saat Lebaran menjadi suatu rutinitas yang tidak dapat terlewatkan khususnya bagi kaum perempuan, agar mereka dapat tampil cantik di momen menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 8 April 2024, namun ada beberapa hal yang wajib untuk kamu lakukukan sebelum membeli produk kosmetik supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan dapat aman dipakai saat Lebaran 2024.

Diberitakan sebelumnya bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berhasil sita lebih dari 2 ribu produk kosmetik yang mempunyai kandungan berbahaya bagi kulit, termasuk area wajah, yang mana produk ini juga diklaim dapat memutihkan kulit dengan cepat.

Berikut inilah beberapa kandungan berbahaya yang kerap ada di produk kosmetik illegal atau tidak aman, antara lain.

BACA JUGA:Lauk Untuk Lebaran Idul 2024, Ini Resep Ayam Pop Khas Padang, Selamat Mencoba

1. Merkuri

Bahan ini merupakan unsur kimia yang sering disebut sebagai air raksa. Apabila terkena kulit dapat membuat kulit kamu bersisik hingga dapat menimbulkan kanker.

2. Asam Retinoat

Kandungan tersebut memerlukan resep dokter, namun apabila dipakai dalam jangka waktu yang panjang dapat membuat kulit kering, rasa terbakar, serta dapat membuat kerusakan janin bagi ibu yang sedang mengandung.

BACA JUGA:Bersiaplah! Peggy Gou Beri Bocoran Akan Menggung di We The Fest 2024, Simak Jadwal Penampilannya

3. Hidrokinon

Kandungan ini kerap diklaim dapat memutihkan kulit dalam jangka waktu bentar. Padahal kandungan ini dapat menimbulkan flek pada kulit atau adanya kulit bewarna hitam.

4. Bahan pewarna Merah K3 dan Merah K10

Bahan kandungan ini sering digunakan untuk berikan warna merona pada lipstick, eyeshadow, dan blush on, yang mana dampaknya kulit akan menjadi iritasi serta memicu kerusakan hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: