Dianjurkan, Inilah 9 Amalan di Bulan Ramadan guna Memperbanyak Pahala

Dianjurkan, Inilah 9 Amalan di Bulan Ramadan guna Memperbanyak Pahala

Amalan di Bulan Ramadan.--Freepik

BACA JUGA:Asal Usul Ngabuburit di Bulan Puasa Ramadan, dari Bahasa Sunda, Ini Artinya

7. Beribadah pada malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia dibanding malam lainnya serta sering disebut sebagai malam seribu bulan.

Amalan yang dianjutkan yaitu iktikaf, membaca doa, mendirikan sholat, membaca sholawat nabi, membaca Al Quran, dan memperbanyak zikir.

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Nabi SAW menuturkan, "Barang siapa yang bangun di malam Lailatul Qadar dengan iman dan harapan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lampau." (HR Bukhari Muslim).

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Mendidik Anak Agar Tetap Semangat Berpuasa Ramadan

8. Menjaga lisan

Menjaga lisan juga termasuk amalan yang perlu dilakukan, dengan menjaga ucapan atau lisan dari perkataan yang tidak bermanfaat terlebih jika bisa mengurangi pahala puasa dan menimbulkan dosa.

9. Membaca tasbih, tahmid, dan takbir

Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Nabi SAW bersabda, "Barang siapa yang bertasbih kepada Allah sebanyak 33 kali, bertahmid kepada Allah sebanyak 33 kali, dan bertakbir kepada Allah sebanyak 33 kali; maka semuanya berjumlah 99."

BACA JUGA:Inilah 6 Tips Aman Puasa Ramadan Ibu Menyusui, Yuk Dicoba

Lalu beliau berkata lagi, "Dan ke-100 nya mengucapkan, "Laa ilaha illa Allahu wahdahu laa syariika lahu, lahu al-mulku wa lahu al- hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir (Tiada sesembahan melainkan Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian; dan Dia adalah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu)", maka diampuni kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan." (HR Muslim, Abu Dawud & Ahmad).

Itulah informasi seputar 9 amalan di bulan Ramadan guna memperbanyak pahala. Semoga bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: