Dianjurkan, Inilah 9 Amalan di Bulan Ramadan guna Memperbanyak Pahala

Dianjurkan, Inilah 9 Amalan di Bulan Ramadan guna Memperbanyak Pahala

Amalan di Bulan Ramadan.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Bulan suci Ramadan adalah bulan yang istimewah bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Pada bulan suci ini juga banyak orang-orang berlomba untuk melakukan amalan dengan harapan bisa mendatangkan kebaikan dan pahala dari Allah SWT.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 13 Maret 2024, terdapat amalan pada bulan Ramadan yang bisa dilakukan guna memperbanyak pahala.

Dengan banyaknya kemuliaan yang dimiliki pada bulan Ramadan ini, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak amalan, baik wajib ataupun sunnah.

BACA JUGA:3 Golongan Muslim yang Merugi di Bulan Ramadan, Jangan Sampai Anda Salah Satunya

Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (amal sunnah) di dalamnya (Ramadhan) samalah ia dengan orang yang menunaikan suatu ibadah wajib di bulan yang lain.”

“Dan barang siapa yang menunaikan suatu amalan wajib di dalamnya samalah dia dengan orang yang mengerjakan tujuh puluh amalan wajib di bulan yang lain. Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga." (HR Ibnu Khuzaimah)

Untuk itu, berikut inilah 9 amalan di bulan suci Ramadan yang bisa kamu lakukan dan dianjurkan agar memperbanyak pahalamu.

1. Ibadah malam

BACA JUGA:5 Amalan Penghapus Dosa di Bulan Ramadan, Rugi Dilewatkan

Melaksanakan ibadah malam seperti membaca tadarus Al Quran, sholat tahajud, berzikir, hingga berdoa di bulan Ramadan ini akan memperoleh banyak keutamaan.

Hadis riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW berkata: "Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT." (HR Bukhari & Muslim)

2. Bersedekah 

Bagi kamu yang sedang berpuasa hendaknya memperbanyak sedekah kepada sesama, termasuk sedekah makanan atau minuman untuk berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: