Inilah Keutamaan Memperbanyak Membaca Alquran di Bulan Ramadan, Pahala Berlipat Ganda dari Setiap Ibadah

Inilah Keutamaan Memperbanyak Membaca Alquran di Bulan Ramadan, Pahala Berlipat Ganda dari Setiap Ibadah

Inilah 5 cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di Bulan Ramadan.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Membaca Alquran di Bulan Ramadan mengandung banyak sekali keutamaan.

Selain itu, di bulan suci ini, umat muslim memiliki kesempatan untuk meraih pahala berlipat ganda dari setiap ibadah yang dikerjakannya, tak terkecuali dengan membaca Alquran.

Membaca Alquran dan mengkhatamkannya di bulan Ramadan seolah telah menjadi tradisi tersendiri bagi umat Islam.

Ramadan sangat istimewa, salah satunya karena menjadi bulan diturunkannya Alquran karena Ramadan sering dijadikan sebagai bulan membaca Alquran.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Makan di Bulan Ramadan sesuai Alquran dan Hadits

Umat Islam dalam menjalani ibadah puasa Ramadan, banyak yang mengisi hari-harinya dengan membaca dan memahami Alquran. Banyak keutamaan dari membaca dan memahami Alquran.

Pada bulan Ramadan banyak umat Muslim yang mengisi waktu dengan membaca Alquran.

Selain karena Ramadan merupakan bulan turunnya Alquran, juga karena pada bulan mulia ini semua amal ibadah pahalanya berlipat ganda.

Bulan Ramadan menjadi waktu rutinan Nabi Muhammad SAW untuk bertadarus Alquran kepada Malaikat Jibril.

BACA JUGA:SDIT Mutiara Cendekia Lubuk Linggau Sukses Gelar Wisuda Tahfidz Alquran Angkatan ke-XIII

Dalam hadits riwayat Ibnu ‘Abbas dijelaskan:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Artinya: Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus (HR Bukhari).

Dilansir dari NU Online, hadits ini juga menunjukkan bahwa Rasulullah saw mengkhatamkan Al-Qur’an sekali dalam setahun pada bulan Ramadhan bersama Malaikat Jibril.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu.or.id