Apakah Aman Makan Makanan Pedas saat Sahur, Simak Begini Penjelasannya, Hati-Hati

Apakah Aman Makan Makanan Pedas saat Sahur, Simak Begini Penjelasannya, Hati-Hati

Apakah Aman Makan Makanan Pedas saat Sahur, Simak Begini Penjelasannya, Hati-Hati--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Apakah aman jika mengkonsumsi makanan pedas saat sahur, yang suka makan pedas simak dulu penjelasan berikut ini.

Di bulan puasa biasanya kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, lantas pada saat sahur apakah aman jika kita mengkonsumsi makanan pedas.

Makanan pedas sendiri menjadi kesukaan oleh hampir sebagian masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika banyak menemukan berbagai jenis olahan sambal di tiap provinsi di Indonesia.

Namun, kebiasaan makan pedas selama di bulan puasa ini sebaiknya dikurangi dahulu, apalagi pada saar sahur.

BACA JUGA:Apakah Menelan Ludah Batal, ini 9 Hal yang Membatalkan Puasa Menurut Penjelasan Buya Yahya

Sebab, makan makanan pedas saat sahur dikabarkan bisa sebabkan gangguan pencernaan setelahnya, terutama jika dikonsumsi pada saat sahur.

Selain itu, rasa pedas ini identik dengan gangguan pencernaan, seperti perut mulas hingga diare. Namun, faktanya makanan pedas dapat mempengaruhi individu secara berbeda.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang ahli diet dan pendiri platform BZ Nutrition dalam Byrdie, Brigitte Zeitlin, MPH, RD, CDN menjelaskan alasannya.

Menurutnya, kesehatan usus setiap orang itu unik. Makanan pedas bisa terasa biasa saja di satu orang, tetapi dapat pula bikin sakit perut pada orang lain.

BACA JUGA:Sederhana Tapi Luar Biasa, 5 Sayur Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Sahur di Bulan Puasa Ramadan 2024

Efek samping dari makanan pedas mungkin lebih dirasakan oleh seseorang yang memiliki masalah pencernaan.

Misalnya saja, punya refluks asam, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan penyakit radang usus. Walau begitu, makanan pedas tidak menyebabkan masalah pencernaan, tetapi memperburuk masalah yang ada.

Namun, perlu diketahui pula bahwa, makanan pedas juga dapat memicu rasa haus berlebih, sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Wafa Asyesh, direktur nutrisi klinis di Dubai Health Authority dalam The National News.

Ia mengatakan makanan pedas, apa lagi yang bercampur dengan garam dan rempah-rempah dapat menyebabkan gangguan kadar natrium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: