Kabar Gembira Berikut Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024, Cek Sekarang

Kabar Gembira Berikut Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024, Cek Sekarang

Kabar Gembira Berikut Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024, Cek Sekarang--Pixabay.com

BACA JUGA:Pengusaha Pempek di Palembang Ditagih Pajak Sebesar Rp16 Miliar

Sementara itu, target PKH meliputi balita usia 0-6 tahun, ibu hamil, ibu melahirkan, orang lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas serta siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sederajat.

Diketahui besaran bantuan uang tunai yang diberikan juga bervariasi tergantung dari kategori KPM-nya, yaitu Rp3 juta per tahun (balita usia 0-6 tahun, ibu hamil, atau ibu melahirkan), Rp2,4 juta per tahun (lansia atau penyandang disabilitas), dan Rp900 ribu sampai dengan Rp2 juta per tahun (siswa SD, SMP, SMA, atau sederajat).

2. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Selanjutnya ada bantuan pangan non-tunai atau dikenal juga dengan nama kartu Sembako, yang ditargetkan untuk KPM berdasarkan DTKS Kemensos.

BACA JUGA:Xiaomi Resmi Rilis Mobil Listrik Pesaing Tesla, Simak Spesifikasi dan Harganya

Adapun besaran bantuan uang tunai yang dibagikan setiap dua bulan sekali itu sebesar Rp200 ribu per bulannya. Dengan begitu, setiap KPM berhak menerima Rp,2,4 juta per tahun

3. Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram

Kemudian akan ada juga bantuan pangan beras 10 Kg yang kembali cair pada Maret 2024, diketahui bantuan ini mulai disalurkan pada Januari hingga Maret 2024 kepada KPM.

Data menunjukkan sebanyak 22 juta KPM bansos beras tidak diambil dari DTKS Kemensos, tetapi dari data Penasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

BACA JUGA:Buruan Datangi, Promo Jelang Ramadan Produk Personal Care di Alfamart, Periode Hingga 3 Maret 2024

4. BLT Mitigasi Risiko Pangan 

BLT Mitigasi Risiko Pangan merupakan bantuan yang diberikan kepada 18,8 juta KPM sebesar Rp200 ribu per bulan.

Bansos yang diklaim menggantikan BLT EL Nino pada 2023 itu mulai dicairkan pada Februari untuk tahap pertama, sehingga bantuan Januari dan Februari dirapel.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga yakni, Hartarto sebelumnya mengatakan, bahwa alokasi anggaran BLT Mitigasi Risiko Pangan yang dikucurkan pemerintah mencapai Rp11,35 triliun. Bansos itu akan diberikan selama tiga bulan yaitu dari Januari – Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: