KPU: 71 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, 4.567 Orang Sakit Diduga Kelelahan

KPU: 71 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, 4.567 Orang Sakit Diduga Kelelahan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa 71 petugas Pemilu 2024 telah meninggal dunia, sementara 4.567 lainnya sakit.--Instagram @kpu_ri

LINGGAUPOS.CO.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari mengungkapkan bahwa 71 petugas Pemilu 2024 telah meninggal dunia, sementara 4.567 lainnya sakit.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Rabu, 21 Februari 2024, petugas yang meninggal tersebut terdiri dari petugas KPPS serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa hingga kecamatan.

Menurut informasi, dari 71 orang yang meninggal dunia, 1 anggota Komisi Pemilihan Kecamatan (PPK), 4 anggota Panitia Pemungutan Suara Desa (PPS), 42 anggota Panitia TPS (KPPS) dan 24 lainnya adalah linmas.

"Dalam catatan kami yang meninggal ada 71 orang dengan rincian; anggota PPK ada 1 orang di tingkat kecamatan. Kemudian anggota PPS di tingkat desa-kelurahan ada 4 orang, kemudian anggota KPPS di tingkat TPS ada 42 orang, kemudian Linmas yang menjaga keamanan kegiatan penghitungan pemungutan suara yang meninggal 24 orang," katanya.

BACA JUGA:KPU Sebut Kesalahan Input Data di Sirekap karena Anggota KPPS, Simak Penjelasannya

Selain itu juga, terdapat 4.567 petugas pemilu yang mengalami sakit selama bertugas.

Dengan rincian sebagai berikut, di tingkat kecamatan atau PPK 136 orang, di tingkat PPS desa kelurahan ada 696 orang, kemudian anggota KPPS di tingkat TPS ada 3371 orang, dan untuk Linmas yang sakit ada 364 orang.

Hasyim Asy’ari juga menjelaskan bahwa baru empat keluarga petugas Pemilu meninggal yang diberi santunan.

Dirinya beralasan pemberian santunan harus melalui proses verifikasi data terlebih dahulu.

BACA JUGA:Hukuman Bagi Pelaku Bullying, Dapat Dijerat dengan Pidana dan Perdata, Begini Bunyinya

"4 orang anggota badan ad hoc yang meninggal. Dari tadi (data) yang saya sampaikan 71 orang yang meninggal, santunan yang sudah disalurkan sampai saat ini ada 4 orang," ujarnya.

Selain itu, dari Badan Pengawas Pilihan Umum (Bawaslu) ada 13 orang yang dilaporkan sudah meninggal dunia.

Walaupun demikian, angka tersebut sudah menurun 74 persen dibandingkan Pemilu 2019 lalu.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sebelumnya melaporkan jumlah petugas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang meninggal hingga Minggu, 18 Februari 2024 pukul 23.58 WIB total ada 84 petugas pemilu yang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: