Pembagian Rice Cooker Gratis Januari 2024 Mulai Dilakukan, Seperti yang Dijanjikan Kementerian ESDM

Pembagian Rice Cooker Gratis Januari 2024 Mulai Dilakukan, Seperti yang Dijanjikan Kementerian ESDM

Pembagian Rice Cooker Gratis Januari 2024 Mulai Dilakukan, Seperti yang Dijanjikan Kementerian ESDM--instagram

LINGGAUPOS.CO.ID - Januari 2024 Kementerian ESDM mulai melakukan pembagian rice cooker gratis, simak informasi selengkapnya berikut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penyaluran bantuan alat memasak berbasis listrik atau rice cooker akan rampung pada Januari 2024.

Diketahui saat ini pembagian rice cooker alat memasak nasi berbasis listrik ini pun sudah mulai dibagikan pada Januari 2024.

Sebelumnya Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah menyelesaikan persoalan administrasi terkait pendistribusian bantuan rice cooker ditargetkan mencapai 500.000 unit.

BACA JUGA:Banjir Datang, Begini Cara Warga Muratara Selamatkan Motor, Simak Juga 10 Langkah Penyelamatan dari BNPB

“Jadi itu kan perlu administrasi, administrasi kita selesaikan, 500.000 paling lambat sudah didistribusikan, jadi Januari (selesai)” Ujarnya pada Desember 2023.

Rice cooker yang dibagikan secara gratis untuk masyarakat kurang mampu di Indonesia, Penerima bantuan itupun sebelumnya telah diusulkan melalui Pemerintah Desa.

Seperti yang diketahui pada hari ini, Jumat 12 Januari 2024, total kuota bantuan rice cooker sebanyak 500.000 unit yang ditargetkan selesai pada pekan ketiga Januari 2024.

Adapun bantuan pemberian rice cooker ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan energi bersih di sektor rumah tangga.

BACA JUGA:Tertibkan Aset, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lelang BMN

Disamping itu, ada 3 mekanisme dalam penyaluran bantuan rice cooker ini. Penyaluran bisa diambil melalui kantor pos, kantor desa atau kelurahan, dan ada yang langsung diantar ke rumah penerima bantuan.

Terkait pendataannya, pada 2023 Kementerian ESDM sudah mendata nama-nama penerimanya. Sebab, pada 2023 juga telah dilakukan penyaluran bansos rice cooker tepatnya pada bulan Desember.

Hingga Januari 2024, penyaluran rice cooker telah dilaksanakan di beberapa daerah. Nantinya penyaluran bantuan itu dilakukan secara bertahap mulai 9 Januari hingga 17 Januari 2024.

Diketahui salah satu daerah yang sudah menyalurkan bantuan AML Rice cooker adalah Provinsi Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: