Presiden Jokowi Resmikan 3 Terminal di 3 Provinsi Guna Tingkatkan Konektivitas dan Mobilitas

Presiden Jokowi Resmikan 3 Terminal di 3 Provinsi Guna Tingkatkan Konektivitas dan Mobilitas

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi meresmikan tiga terminal angkutan bertipe A di tiga provinsi, Rabu 13 Desember 2023.--

LINGGAUPOS.CO.ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi meresmikan tiga terminal angkutan bertipe A di tiga provinsi. Yang mana dalam rangka meningkatkan konektivitas antar kota dan daerah, dan terminal ini diharapkan bisa menjadi pilar penting dalam mobilitas masyarakat.

Diambil dari sumber akun Instagram resmi @jokowi, yang dikutip pada Kamis, 14 Desember 2023.

Presiden menekankan pentingnya pembangunan sarana serta prasarana transportasi publik guna meningkatkan konektivitas antardaerah.

Ketiga terminal ini antara lain, Terminal Tipe A Tingkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air

BACA JUGA:WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Rayakan Ibadah Natal Secara Online Serentak di Seluruh Indonesia

“Pembangunan sarana dan prasarana transportasi ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antarkota, antar daerah, dan mendukung mobilitas masyarakat, meningkatan kenyamanan pengguna transportasi darat,” terang Presiden.

Ketiga terminal ini ternyata ada di tiga provinsi antara lain, Terminal Tipe A Tingkir Kota Salatiga, Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah, serta Terminal Anak Air Kota Padang.

Pembangunan ini bukan hanya dianggap sebagai proyek infrastruktur, namun juga sebagai langkah strategis dalam memajukan sektor transportasi darat.

Dijelaskan pula bahwa pembangunan terminal ini merupakan bagian dari program besar dari Kementerian Perhubungan RI, yang sudah mengalokasikan dana sebesar Rp151,6 miliar.

BACA JUGA:Hasil Mengejutkan Barcelona Menderita Kekalahan Atas Antwerp di Liga Champions

Dengan rinciannya sebagai berikut, Terminal Tingkir Kota Salatiga memerlukan investasi sebesar Rp34,8 miliar, Terminal Paya Ilang dan Terminal Anak Air masing-masing menelan biaya sebesar Rp22 miliar dan Rp94,8 miliar.

Terminal Tingkir ini melayani angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar dalam provinsi (AKDP) menjadi saksi bisu peningkatan layanan transportasi.

Dengan sebanyak 235 bus yang dilayani setiap hari, terminal ini sudah mengalami transformasi signifikan guna memenuhi tuntutan mobilitas modern.

Bukan hanya itu, Terminal Paya Ilang juga melayani sebanyak 91 bus setiap harinya, juga turut memberikan kontribusi signifikan untuk konektivitas daerah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: