Terbaru, Roatex Akan Evaluasi Uji Coba MLFF Pengganti Kartu Tol 2024, Evaluasi Perdana

Terbaru, Roatex Akan Evaluasi Uji Coba MLFF Pengganti Kartu Tol 2024, Evaluasi Perdana

Terbaru, Roatex Akan Evaluasi Uji Coba MLFF Pengganti Kartu Tol 2024, Evaluasi Perdana--instagram: pupr_bpjt

LINGGAUPOS.CO.ID - Roatex akan melakukan evaluasi uji coba sistem pembayaran tol yang baru yaitu MLFF sebagai penggantu kartu e-toll 2024, sebelum nantinya akan diterapkan pada 6 ruas jalan tol berikut ini.

Badan usaha pelaksana (BUP), PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan melakukan evaluasi dari hasil uji coba perdana penerapan sistem jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Free Flow (MLFF).

Uji perdana Multi Free Flow (MLFF) yaitu di Tol Bali Mandara. Proses evaluasi ini akan dilakukan pada Februari 2024.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur PT RITS, Gyula Orosz, menjelaskan, pihaknya akan melangsungkan proses Uji coba pada sejumlah kendaraan friendly user hingga periode Januari 2024.

BACA JUGA:Heboh Kasus Pengungsi Rohingya yang Ditolak Masyarakat, Instagram Pribadi Prabowo Diserang Warganet!

“Uji coba akan dimulai pada Desember 2023, tetapi bukan berarti kita bakal menyelesaikan semua uji coba pada tahun ini.” Kata Gyula.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa proses uji coba MLFF akan dilaksanakan pada awal tahun depan.

“Kita akan melanjutkan uji coba pada Januari 2024 dan Februari 2024 kita akan melakukan proses evaluasi bersama dengan Kementerian PUPR” Ucap Gyula.

Lebih lanjut, Gyua mengungkapkan, apabila hasil evaluasi menunjukkan hasil optimal, pihaknya optimis sistem MLFF dapat segera diterapkan pada 6 ruas utama di indonesia.

BACA JUGA:3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Ada di Sumatera, Ini Lokasinya

“Kami akan memperluas sistem kami ke segmen prioritas juga, kami yakin bisa lebih dari enam (jalan tol), tergantung dari pembahasan dan kesepakatan dari kementerian PUPR” Ucapnya.

Sebelum itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian, menjelaskan bahwa proses evaluasi tersebut akan mengukur efektivitas uji coba MLFF yang akan dijadikan barometer untuk pengembangan sistem pembayaran tol nirsentuh di Indonesia ke depan.

Ia juga mengungkapkan, bahwa harus dievaluasi dulu kalau itu bagus dan berhasil kita expand. Kalau ada kekurangan kita improve dulu, baru coba lagi, baru expand, ujarnya.

Adapun untuk ke-6 ruas tol prioritas yang akan segera menerapkan sistem MLFF, pihaknya belum dapat memberikan informasi lanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: