5 Fakta MLFF Pengganti Kartu Tol, Sistem Pembayaran Tol Mulai 2024, Gerbang Tol Ditiadakan

5 Fakta MLFF Pengganti Kartu Tol, Sistem Pembayaran Tol Mulai 2024, Gerbang Tol Ditiadakan

5 Fakta MLFF Pengganti Kartu Tol, Sistem Pembayaran Tol Mulai 2024, Gerbang Tol Ditiadakan--instagram: infobadungbali

LINGGAUPOS.CO.ID- Ketahui 5 fakta tentang MLFF sistem pembayaran tol yang akan diterapkan mulai 2024, Gerbang tol akan ditiadakan, simak ulasan lengkapnya berikut.

Sistem pembayaran di tol mulai 2024 akan digantikan, yakni dari menggunakan e-toll menjadi sistem nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Mulai 2024 secara bertahap, pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di semua gerbang masuk tol Indonesia .

Sistem MLFF memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan meniadakan gerbang tol, sehingga penggunanya tidak lagi perlu mengantri dan menempelkan kartu saat akan memasuki jalan tol.

BACA JUGA:Kartu Tol Dihapus, ini Gerbang Tol yang Sudah Menggunakan Sistem Tanpa Kartu, Adakah di Sumatera

Cara kerja MLFF dengan teknologi GNSS tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus pembayaran layanan jalan tol yang dapat di install di smartphone.

Dengan menerapkan teknologi MLFF di Indonesia akan membuat pengguna jalan tol tidak perlu mengantri saat akan melakukan pembayaran.

Hal itu tentunya membuat waktu transaksi berkurang, bahkan diklaim oleh Kementerian PUPR (Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat) jika waktu transaksi menjadi 0 detik saja karena tidak perlu berhenti.

Nah, berikut adalah beberapa fakta-fakta terkait sistem pembayaran MLFF untuk jalan tol, yang perlu anda ketahui:

BACA JUGA:Kartu Tol Dihapus, Jangan Buru-buru Dibuang, Masih Bisa Digunakan Loh

5 Fakta Tentang MLFF

1. Diterapkan penuh 2024

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai 2024.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang akan menerapkan secarah penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem  multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol pada 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: