Kartu dan Gerbang Tol Bakal Dihapus, MLFF Telah Diresmikan, Wajib Ada Aplikasi Ini

Kartu dan Gerbang Tol Bakal Dihapus, MLFF Telah Diresmikan, Wajib Ada Aplikasi Ini

Kartu dan Gerbang Tol Bakal Dihapus, MLFF Telah Diresmikan, Wajib Ada Aplikasi Ini --Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Sejalan dengan telah diresmikan Multi Line Free Flow (MLFF), sehingga kartu dan gerbang tol bakal dihapus. Namun pengguna jalan tol wajib ada aplikasi ini.

Sudah direncanakan sejak lama, Pemerintah bakal menghapus penggunaan kartu tol di seluruh gerbang tol dan akan digantikan dengan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Bahkan, sistem transaksi jalan tol non tunai nirsentuh nirhenti atau dikenal dengan istilah Multi Lane Free Flow (MLFF) telah diresmikan menjadi salah satu sistem bayar tol.

Pengesahan MLFF ini berdasarkan keputusan yang tertuang dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol yang ditetapkan dan diberlakukan pada 20 Mei 2024.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Nongkrong Sambil Ngopi di Lippo Plaza Lubuk Linggau, Yang Mau Ketemu Ini Lokasinya

Dengan demikian jika MLFF telah diterapkan disejumlah ruas jalan tol di Indonesia, sehingga kartu tol dan gerbang tol di seluruh Indonesia pun bakal dihapus.

Anda juga diwajibkan untuk mendownload sebuah aplikasi yang menjadi jembatan penghubungan pembayaran tol dengan sistem MLFF. 

Nah, jika sebelumnya saat menggunakan jalan tol, pengendara biasanya menggunakan e-toll, yaitu uang elektronik yang digunakan untuk membayar tol saat menggunakan jalan tol di Indonesia.

Namun kini, pemerintah melalui Kementerian PUPR menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak akan lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan melakukan tapping alias menempelkan kartu e-toll jika MLFF telah ditetapkan.

BACA JUGA:Kepergok Selingkuh, Warga Lubuk Linggau Tusuk Suami Selingkuhannya, Kejadiannya di Musi Rawas

MLFF adalah transaksi untuk pembayaran tol yang akan dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Meski keduanya sama-sama dilakukan tanpa menggunakan uang tunai, namun  pengunaan teknologi MLFF tidak membuat pengendara harus berhenti di pintu tol dan membuka kaca agar bisa menempelkan kartu e-toll.

Tetapi, dengan menghadirkan teknologi MLFF, saat kendaraan melewati pintu tol maka saldo uang elektronik yang tersimpan pada aplikasi khusus yang sudah diunduh di handphone (smartphone) akan terpotong otomatis.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengklaim bahwa dengan cara ini maka waktu transaksi menjadi hanya 0 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: