Bayar Tol dengan MLFF Rencananya Bakal Diterapkan Maret 2024, Bagaimana Kelanjutannya

Bayar Tol dengan MLFF Rencananya Bakal Diterapkan Maret 2024, Bagaimana Kelanjutannya

Bayar Tol dengan MLFF Rencananya Bakal Diterapkan Maret 2024, Bagaimana Kelanjutannya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Pembayaran di gerbang tol rencananya bakal menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Maret 2024 ini, lantas bagaimana kelanjutannya.

Sebelumnya pemerintah menggaungkan akan menggunakan sistem multi lane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol mulai 2024.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengatakan bahwa uji coba MLFF ini telah dilakukan di sejumlah ruas jalan tol pada Desember 2023 hingga Januari 2024, dan masa transisi penggunaan MLFF ditargetkan mulai Maret 20245.

Mulai 2024 rencananya, secara bertahap pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di semua gerbang masuk tol Indonesia.

BACA JUGA:Mengapa Ramadan 2024 Suhu Menjadi Panas, ini Penjelasan BMKG Sumatera Selatan

Teknologi ini menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis aplikasi, dan Indonesia sebagai Negara Asia pertama yang menerapkan teknologi ini.

Sistem MLFF memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan meniadakan gerbang tol, sehingga penggunanya tidak lagi perlu mengantri dan menempelkan kartu saat akan memasuki jalan tol.

Multi Lane Free Flow (MLFF) adalah proses pembayaran tol tanpa berhenti, yang berarti pengguna jalan tol tidak harus memberhentikan kendaraannya di gerbang tol. 

Sistem MLFF akan memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone yang akan dibaca melalui satelit.

BACA JUGA:Idul Fitri 2024, Pemudik Belum Bisa Lalui Tol Palembang Jambi, Masih 7 Jam Kalau Tidak Macet

MLFF yang memanfaatkan teknologi Global Positioning  Satelit (GPS) terkoneksi ponsel pengguna melalui aplikasi Cantas. Dalam aplikasi ini akan dilakukan pembayaran transaksi jalan tol.

Jika plat nomor kendaraan terdaftar dan pengguna memiliki saldo uang elektronik cukup di aplikasi, maka palang/barrier akan terbuka. 

Apabila kendaraan tidak terdaftar atau saldo tidak cukup maka palang tidak akan terbuka.

Sebab Pelang di gerbang tol itu merupakan bagian dari penerapan hybrid di uji coba MLFF di Tol Bali Mandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: