Mata Pelajaran Tidur Siang Resmi Ditetapkan di SD Sidoarjo, Ketahui Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Mata Pelajaran Tidur Siang Resmi Ditetapkan di SD Sidoarjo, Ketahui Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Mata Pelajaran Tidur Siang Resmi Ditetapkan di SD Sidoarjo, Ketahui Manfaat Tidur Siang untuk Anak--Pixabay.com

SIDOARJO, LINGGAUPOS.CO.ID - Tak biasa SD di Sidoarjo ini secara resmi menetapkan ada mata pelajaran tidur siang bagi murid-muridnya. Simak ulasannya berikut ini serta ketahui manfaat tidur siang bagi anak-anak.

Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah IV Zamzam di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, kabupaten Sidoarjo menerapkan mata pelajaran tidur siang untuk siswa-siswanya.

Pasalnya ternyata sekola SD di Sidoarjo tersebut, merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan sistem full day school.

Di Samping tidur siang, SD Muhammadiyah IV juga menghapuskan pekerjaan rumah (PR). Seluruh tugas harus diselesaikan di sekolah supaya tidak membebani siswa yang menerapkan full day school.

BACA JUGA:Kadivpas Kemenkumham Sumsel Berikan Penguatan Tupoksi Pengamanan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

Sehingga meski tidak non stop belajar sepanjang hari, sekolah menilai bahwa siswa membutuhkan tidur siang agar mereka para siswa tetap bugar.

Pelajaran tidur siang ini baru diterapkan pada tahun ajaran ini, kepada siswa kelas satu. Siswa pun merasa senang dan merasa semangat kembali  ketika belajar hingga sore hari.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kiki Arya Wijaya, selaku guru SD Muhammadiyah IV. Jika hal tersebut dilakukan karena melihat siswa yang kelelahan.

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang, setelah sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang.” Kiki Menuturkan.

BACA JUGA:Ide Dekorasi Natal Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Sambut Natal 2023 dengan Cinta Lingkungan

Namun, setelah diadakannya jam tidur siang para murid diketahui menjadi semangat kembali, hingga bisa belajar hingga sore.

“Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore.” Ungkap Kiki.

Menurutnya juga, bahwa pelajaran tidur siang di sekolah ini diyakini murid lebih bugar dan meningkatkan konsentrasi. Para siswa diwajibkan  tidur selama 1 jam pada pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Tidur siang pun dilakukan oleh para murid secara bersama-sama di dalam kelas masing-masing, dengan beralaskan karpet dan bantal. Mata pelajaran itu pun masih dalam pengawasan guru dan pihak sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: