Kartu Tol Akan Dihapus Digantikan dengan MLFF Mulai 2024, Apa Bedanya, Serta Bagaimana Sistem pakainya

Kartu Tol Akan Dihapus Digantikan dengan MLFF Mulai 2024, Apa Bedanya, Serta Bagaimana Sistem pakainya

Kartu Tol Akan Dihapus Digantikan dengan MLFF Mulai 2024, Apa Bedanya, Serta Bagaimana Sistem pakainya--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah akan menghapus kartu tol yang akan digantikan dengan MLFF mulai 2024, lalu apakah perbedaan diantara keduanya dan cara menggunakannya. Berikut ulasan selengkapnya.

Saat menggunakan jalan toll, pengendara biasanya menggunakan e-toll, yaitu uang elektronik yang digunakan untuk membayar tol saat menggunakan jalan tol di Indonesia.

Caranya pengguna e-toll hanya perlu menempelkan kartu untuk membayar tol dalam waktu setidaknya 4 detik. Lebih cepat dibandingkan bila membayar secara tunai seperti sebelumnya.

Namun kini, pemerintah melalui Kementerian PUPR menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak akan lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan melakukan tapping alias menempelkan kartu e-toll mulai 2024.

BACA JUGA:Diskon Produk Kopi di Alfamart, Bukan Produk Israel, Harganya Murah Banget

MLFF adalah transaksi untuk pembayaran tol yang akan dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nirsentuh.

Sedangkan e-toll yang masih digunakan sekarang ini, adalah sebuah kartu elektronik (e-money) yang digunakan sebagai alat pembayaran nontunai (cashless) saat menggunakan layanan jalan tol.

Keduanya sama-sama dilakukan tanpa menggunakan uang tunai, namun  pengunaan teknologi MLFF tidak membuat pengendara harus berhenti di pintu tol dan membuka kaca agar bisa menempelkan kartu e-toll.

Tetapi, dengan menghadirkan teknologi MLFF, saat kendaraan melewati pintu tol maka saldo uang elektronik yang tersimpan pada aplikasi khusus yang sudah diunduh di handphone (smartphone) akan terpotong otomatis. 

BACA JUGA:Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Desember 2023, Bisa Liburan Bersama Keluarga

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengklaim bahwa dengan cara ini maka waktu transaksi menjadi hanya 0 detik.

Artinya para pengemudi tidak perlu berhenti atau bahkan antri untuk melewati gerbang tol, melainkan dengan MLFF ini anda bisa langsung melewati gerbang toll seperti berkendara biasa tanpa terhalang apapun hanya sistemnya (MLFF) saja yang akan bekerja.

Sedangkan jika metode tapping kartu e-toll membuat para pengemudi harus berhenti di gerbang tol, kemudian membuka kaca untuk menempel kartu guna melakukan pembayaran layanan penggunaan jalan tol.

Cara Penggunaannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: