Kesehatan Mental Juga Penting: Kenali Apa itu Kesehatan Mental? Berikut 3 Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Juga Penting: Kenali Apa itu Kesehatan Mental? Berikut 3 Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Juga Penting: Kenali Apa itu Kesehatan Mental? Berikut 3 Jenis Gangguan Kesehatan Mental--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.IDKesehatan mental sedang banyak digaungkan oleh banyak orang, dan juga sempat viral di media sosial membahas tentang berbagai macam penyakit mental.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak sebagian orang yang belum mengetahui apa itu kesehatan mental dan akibat dari kesehatan mental yang terabaikan. 

Kesehatan mental adalah ketiadaan gangguan jiwa atau kesejahteraan psikologis. Kondisi dari kesehatan mental yang dikategorikan sebagai berikut yaitu sehat, gangguan kecemasan, stress, depresi, hingga rasa ingin mengakhiri hidup. 

Kesehatan mental yang baik, ditandai dengan batin yang berada dalam keadaan tentram dan tenang sehingga mereka bisa menikmati kehidupan yang dijalani setiap harinya. 

BACA JUGA:Link Cek Jadwal Ujian SKD CPNS 2023 di Berbagai Instansi, Cek Lokasinya Melalui Link Berikut

Sebaliknya jika kesehatan mental mereka terganggu rasa yang mereka alami adalah gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, dan emosi yang sulit dikendalikan, kondisi ini dapat mengakibatkan perilaku menjadi buruk.

3 Jenis Masalah Kesehatan Mental

1. Stress

Stress adalah kondisi seseorang ketika mengalami tekanan yang sangat berat, baik emosi atau mental nya. 

BACA JUGA:Sopir yang Pukul Mantan Anggota Dewan Lubuklinggau Terancam 5 Tahun Penjara, Korban Dianiaya Depan Istri

Orang yang mengalami stress biasanya akan merasakan gelisah, cemas, serta mudah tersinggung. Selain itu juga membuat hilang daya konsentrasi, mengatasi motivasi, dan memicu depresi. 

Stress ini merupakan salah satu penyakit mental yang mempengaruhi psikologi penderitanya. Dan dapat berdampak pada kesehatan fisik juga seperti gangguan tidur dan gangguan jantung.

2. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan mengganggu kondisi psikologis karena rasa cemas yang berlebihan secara konstan dan mengalami kesulitan untuk dikendalikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan mental