Ketahui Keistimewaan Hari Jumat Dalam Islam, Tidak Hanya Istimewa di Dunia tapi Juga di Akhirat

Ketahui Keistimewaan Hari Jumat Dalam Islam, Tidak Hanya Istimewa di Dunia tapi Juga di Akhirat

Ketahui Keistimewaan Hari Jumat Dalam Islam, Tidak Hanya Istimewa di Dunia tapi Juga di Akhirat--Pixabay.com

BACA JUGA:Pinjam Dulu Seratus, Besok Dikembalikan, Begini Etika Utang dalam Islam

Hadits Tentang Hari Jumat

Keistimewaan hari jumat sungguh luar biasa, bahkan hari jumat lebih baik dari hari raya idul fitri dan idul Adha, dan terdapat beberapa keistimewaan lainnya, hal ini didasarkan pada hadist berikut;

Dari Abu Lubabah bin ‘Abdul Mundzir, Rasulullah SAW berkata, “Sesungguhnya hari jumat adalah tuan segala hari yang paling agung di sisi Allah, dan hari yang paling agung disisi Allah dari hari Idul Adha dan Idul Fitri.

Pada hari jumat terjadi lima peristiwa; Pada hari tersebut Allah menciptakan Adam, Allah mendaratkan (melemparkan) Adam ke dunia, serta hari diwafatkannya Adam, terdapat sebuah waktu yang apabila seorang hamba berdoa (meminta) sesuatu, Allah akan memberikannya selama yang diminta bukan sesuatu yang diharamkan;

BACA JUGA:Sejarah Indonesia, Kisah Pangeran Pasai dan Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

 (pada hari tersebut) juga akan terjadi hari kiamat serta tidaklah para malaikat yang dekat, langit, bumi, angin, gunung dan lautan kecuali mereka takut kepada hari jum’at. (Hasan: Shahih Sunan Ibnu Majah No. 895).

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda, “Hari yang terbaik di mana setiap kali matahari terbit adalah hari jumat. Pada hari jumat Adam diciptakan dan pada hari itu juga dimasukkan ke surge, serta tidak terjadi kiamat kecuali hari jumat.” (Shahih Muslim no. 403)

Keistimewaan hari jumat ternyata tidak hanya didunia, namun juga di akhirat. Nabi menceritakan, 

“Keindahan penghuni Surga yang paling hebat hanyalah kepada kedatangan hari jumat, sebab dengan itu mereka dapat melihat Rabb mereka dan keagungan-Nya secara lebih jelas lagi, karenanya hari Jumat disebut sebagai yaum al-mazid atau hari pertambahan pahala kebaikan” (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: