Makna Dibalik Hari Kesaktian Pancasila Pada 1 Oktober

Makna Dibalik Hari Kesaktian Pancasila Pada 1 Oktober

Makna dibalik Hari Kesaktian Pancasila Pada 1 Oktober--instagram: teamrrq

LINGGAUPOS.CO.ID - Taukah kalian arti makna dari  Kesaktian Pancasila? Dan mengapa setiap 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila itu? Nah simak informasi berikut ini. 

Ada dua momen peringatan Pancasila setiap tahunnya. Pertama, 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila. Kedua 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila.

Pancasila berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Sanskerta, yakni panca 'lima' dan sila 'dasar'. 

Istilah Pancasila ini diprakarsai Soekarno yang kemudian digunakan untuk menyebut lima prinsip dasar negara pada sidang BPUPKI 1 Juni 1945.

BACA JUGA:Sejarah Pemuda Pancasila Membantai PKI di Masa Lalu, ini Penjelasan Ketua Sapma Pemuda Pancasila Lubuklinggau

Lalu mengapa setiap 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila? 

1 Oktober ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila. Hari kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia secara khidmat dan tertib. 

Keputusan ini mulai berlaku pada hari ditetapkan, yakni pada 27 September 1675.

Dalam Keppres yang sama, diterangkan bahwa penetapan hari kesaktian pancasila pada 1 Oktober didasarkan pada tiga pertimbangan. 

BACA JUGA:Mengenal 7 Sosok Pahlawan Revolusi saat Peristiwa G30S PKI 1965

Pertama keberhasilan rakyat Indonesia dalam menghadapi G30S/PKI yang hendak menghancurkan Pancasila. 

Kedua 1 Oktober dinilai sebagai hari yang memiliki ciri dan corak khusus sebagai suatu hari untuk mempertebal dan meresapi keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan negara, bangsa dan rakyat Indonesia. 

Ketiga, adanya pandangan yang dirasa perlu meningkatkan SK Menteri Panglima Angkatan Darat pada 17 September 1956 dan SK Menteri Utama Bidang Pertahanan Keamanan pada 29 September 1966 menjadi Keppres yang menetapkan 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Penetapan hari kesaktian Pancasila memiliki makna Tersendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: