Ingin Daftar CPNS dan PPPK 2023? Yuk Cek Harga E Meterai dan Tips Memilih Harga Terbaik 2023

Ingin Daftar CPNS dan PPPK 2023? Yuk Cek Harga E Meterai dan Tips Memilih Harga Terbaik 2023

Cek Harga E Meterai dan Tips Memilih Harga Terbaik 2023--

LINGGAUPOS.CO.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mewajibkan adanya penggunaan e-Meterai pada seluruh dokumen pendaftaran seleksi CASN 2023.

Aturan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Plt Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2021 tentang Penggunaan Materai Pada Dokumen Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.

Tujuan penggunaan e-Meterai pada berkas pendaftaran CASN 2023 tersebut yakni untuk menghindari adanya penggunaan meterai palsu.

Calon peserta dapat melakukan pembelian serta pembubuhan e-Meterai  melalui laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ atau melalui https://meterai-elektronik.com.

BACA JUGA:Panjang 76,50 KM, Jalan Musi Rawas-PALI Bisa Bikin Muba Sepi Kendaraan, Pangkas Waktu 3 Jam ke Palembang

Meterai tempel dalam bentuk fisik yang digunakan dalam keseharian, kini ada juga meterai elektronik atau e-meterai yang memudahkan pembayaran dan melengkapi administrasi CASN.

Mengutip dari laman e-Meterai Peruri, ada dua jenis dokumen yang membutuhkan e-Meterai, yaitu dokumen yang digunakan sebagai alat untuk menerangkan mengenai suatu kejadian yang bersifat perdata dan dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan, serta dokumen yang menyatakan jumlah uang lebih dari Rp5.000.000.

Berapa Harga e-Meterai?

Harga e-Meterai atau tarif bea meterai yang berlaku adalah Rp10.000,-. Harga ini berlaku untuk pembelian di semua channel distributor, termasuk di aplikasi OnlinePajak. Perlu diketahui pada saat pembelian e-Meterai, akan dikenakan biaya administrasi. Kisaran biaya administrasi beragam, sesuai dengan ketetapan dari tiap-tiap channel distributor.

BACA JUGA:Waspada, ini Tanda-tanda Gejala Gula Darah Tinggi

Cara Mendapatkan e-Meterai dengan Harga Terbaik

Mendapatkan e-Meterai dengan harga terbaik dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya dalam penggunaannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan e-Meterai dengan harga terbaik, seperti membeli e-Meterai secara online, membeli langsung dari kantor pos, dan membandingkan harga e-Meterai dari beberapa tempat. 

Dalam membeli e-Meterai secara online, penting untuk mencari situs yang terpercaya dan memastikan bahwa situs tersebut bekerjasama dengan DJP. Selain itu, memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh situs yang menjual e-Meterai juga dapat membantu mendapatkan harga terbaik.

Cara Beli e-Meterai :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber