CPNS dan PPPK 2023 Tes Menggunakan Sistem CAT, Ketahui Bagaimana Cara Kerjanya

CPNS dan PPPK 2023 Tes Menggunakan Sistem CAT, Ketahui Bagaimana Cara Kerjanya

CPNS dan PPPK 2023 Tes Menggunakan Sistem CAT. Ketahui Bagaimana Cara Kerjanya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID- Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tes menggunakan sistem CAT. Tahukah anda apakah itu CAT? Simak informasinya berikut.

Sebentar lagi seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2023 akan dilaksanakan, pendaftarannya dimulai pada 16 September mendatang.

Sudahkah para pejuang CPNS dan PPPK 2023 mempersiapkan diri? Persiapkan dari sekarang, ya. Nah, selain mempersiapkan dokumen dan persyaratannya ada hal lain yang perlu kamu ketahui tentang rangkain seleksi CPNS dan PPPK 2023. 

Salah satunya ialah sistem CAT atau Computer Assisted Test. Jadi, setelah berhasil melewati seleksi administrasi, tahapan selanjutnya menggunakan sistem CAT.

BACA JUGA:e-Meterai Digunakan Sebagai Syarat Daftar CPNS dan PPPK 2023, Begini Cara Belinya.

Tahap selanjutnya yang dimaksudkan yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan dengan sistem CAT. 

Untuk lebih jelasnya LINGGAUPOS.CO.ID mengutip dari menpan.go.id berikut adalah uraian lebih lengkap mengenai sistem CAT.

Sistem CAT dalam seleksi CPNS dan PPPK 2023

Computer Assisted Test (CAT) merupakan tes dalam seleksi CPNS dan PPPK yang berbasis komputer, dimana nilai dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

BACA JUGA:Mau Ikut Memberantas Korupsi, Yuk Daftar CPNS KPK 2023, Ada 214 Formasi, Cek Syarat, Daftar Segera di Sini

CAT hadir sejak tahun 2013, dengan adanya CAT diharapkan Negara mendapatkan sumber daya manusia yang profesional. 

CAT adalah satu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CPNS. 

Nah, pada saat akan melakukan tes, meski dalam satu ruangan yang sama. Namun, setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda dengan peserta yang lainnya, meskipun meja bersebelahan sekalipun.

Tips mengerjakan soal dengan sistem CAT, yaitu dengan mendahulukan soal yang dianggap mudah akan lebih memaksimalkan pengerjaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: