Tol Sumatera Selatan-Bengkulu Beroperasi, Lubuklinggau ke Lampung, Lebih Dekat Lewat Palembang atau Bengkulu?

Tol Sumatera Selatan-Bengkulu Beroperasi,  Lubuklinggau ke Lampung, Lebih Dekat Lewat Palembang atau Bengkulu?

Tol Trans Sumatera Bengkulu-Lubuklinggau segera dibangun-dokumen-linggaupo.co.id

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Pembangunan ruas tol menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan-Bengkulu masih tahap pengerjaan. 

Pembangunan ruas tol di Sumatera Selatan meliputi Palembang-Indralaya, Indralaya-Prabumulih, Prabumulih-Muara Enim dan Muara Enim-Lubuklinggau. 

Sedangkan ruas tol di Provinsi Bengkulu meliputi Bengkulu-Taba Penanjung, Taba Penanjung-Kspahiyang dan Kepahiyang-Lubuklinggau. 

Jika seluruh tol di Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu beroperasi, dapat diestimasikan lebih dekat rute mana dari Lubuklinggau ke Lampung.

BACA JUGA:Tol Trans Sumatera Sepanjang 596 Km Hingga Juli 2023 Resmi Beroperasi

Saat ini perjalanan Palembang-Lampung melalui Tol sudah bisa ditempuh dengan waktu 3 jam 30 menit.

Sementara perjalanan dari Lubuklinggau-Palembang jika semua tol beroperasi diestimasikan memakan waktu 3 jam, namun tergantung kecepatan. 

Sedangkan perjalanan Lubuklinggau ke Bengkulu jika tol sudah beroperasi dapat ditempuh 1 hingga 2 jam tergantung kecepatan.

Sementara itu, untuk tol Lampung-Bengkulu di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum masuk dalam tahap perencanaan.

BACA JUGA:Tol Palembang Lubuklingagau Bengkulu Selesai, 8 Kabupaten Kota ini di Sumbagsel Bebas Konvoi Truk Batubara

Namun Pemerintah Provinsi Lampung telah mengusulkan adanya pembangunan jalan tol baru yakni ruas Bandar Lampung (SS Natar)-Kota Agung-Bengkunat-BTS, Provinsi Lampung-Bengkulu. 

Rencana pembangunan itu juga telah masuk dalam penyusunan struktur Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Lampung tahun 2023-2043.

Saat ini jika pemudik asal Bengkulu yang akan ke Lampung hanya bisa melalui jalan Lintas Barat Bengkulu-Lampung yang diestimasikan memakan waktu lebih kurang 13 jam.

Artinya pengendara asal Lubuklinggau jika ingin menempuh perjalanan ke Lampung lebih dekat melalui Kota Palembang yang secara keseluruhan memakan waktu lebih kurang 6 jam 30 menit tergantung kecepatan.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: