Informasi Terbaru dari Badan Pengatur Jalan Tol, Soal Pembangunan Tol Lubuklinggau Curup Bengkulu

Informasi Terbaru dari Badan Pengatur Jalan Tol, Soal Pembangunan Tol Lubuklinggau Curup Bengkulu

Presiden Jokowi saat meresmikan tol Bengkulu, yang merupakan bagian dari Tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu-setpres-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Ruas jalan tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu pembangunannya dikerjakan PT Humata Karya (Persero).

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), jalan tol Lubuklinggau – Curup – Bengkulu terbagi atas 3 seksi.

Seksi pertama adalah Lubuklinggau – Kepahiang sepanjang 54,5 km. Seksi kedua jalur Kepahiang - Taba Penanjung sepanjang 23,7 km. Dan seksi ketiga Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 km.

Dari ketiga seksi ini, seksi ketigas yakni Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 km telah beroperasi dan sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis 20 Juli 2023.

BACA JUGA:Pembangunan Tol Lubuklinggau di Awal atau Akhir 2024, ini Informasi Terbarunya

Masih menurut, BPJT Kementerian PUPR bahwa jalan tol Lubuklinggau - Curup – Bengkulu merupakan salah satu bagian dari ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera yang akan tersambung dari Lampung hingga Aceh.

Dijelaskan juga, bahwa jalan tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu sepanjang 17,6 km saat ini telah rampung konstruksinya dan dapat dioperasikan untuk dinikmati masyarakat.

Sementara, seksi 1 Lubuklinggau – Kepahiang, dan seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 km)  dalam tahap persiapan.

Jalan Tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya, memberikan dukungan perekonomian bagi masyarakat pesisir pulau barat di Sumatera baik dari dukungan logistik, barang, maupun jasa.

BACA JUGA:Demi Tol, Warga Lubuklinggau Diminta Jangan Membangun Melampaui Batas Jalan, ini Penjelasannya

Jalan Tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu juga akan terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai, dimana nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

Presiden Jokowi menambahkan, Jalan Tol yang merupakan bagian dari ruas Bengkulu - Lubuklinggau ini dibangun menggunakan nggaran sebesar Rp. 4,8 triliun.

Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung sendiri merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuklinggau - Curup - Bengkulu Seksi 3.

Selain itu terdapat 2 Seksi lainnya yang masih dalam tahap persiapan yakni Seksi 1 Lubuklinggau - Kepahiang (54,5 Km), dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (24,6 Km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: