Keren, Ada Air Terjun 9 Tingkat di Karang Jaya Muratara, Cocok untuk Petualang Sejati

Keren, Ada Air Terjun 9 Tingkat di Karang Jaya Muratara, Cocok untuk Petualang Sejati

Air terjun 9 tingkat di Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara--

BACA JUGA:Cuma 10 Jam dari Lubuklinggau, ini Tempat Wisata Lampung Cocok untuk Liburan

Selain ada air terjun, didapati sendang atau danau, serta sungai alami yang terbentuk dari batuan alam di atas air terjun.

Di dalam danau dan aliran sungai, wisatawan bisa dengan mudah menemukan gerombolan ikan semah, ikan dewa, mahaser atau kancra bodas yang bermain di bawah bawah air terjun tersebut.

“Kalau ikan banyak nian di sano, tapi warga sering nyelam nembak ikan di danau. Ukurannya besar besar, memang bagus untuk spot mancing dan wisata,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwsata Kabupaten Muratara, Marlinda Sari membenarkan, jika di Desa Muara Tiku tersembunyi air terjun sembilan tingkat.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, 11 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang

Pihaknya mengaku sudah melakukan observasi secara langsung ke lokasi.

“Kami sudah sampai ke Telun Tiku, memang di sana informasinya ada 9 tingkat. Tapi kami tidak sempat sampai ke tingkatan atas, karena waktu dan jarak tempuh,” bebernya.

Dari hasil observasi itu, Dinas Pariwisata mengungkapkan, potensi Telun Tiku sebagai objek wisata sangat bagus sekali.

Karena  air terjun 9 tingkat dengan danau besar di bagian akhir air terjun, tidak dimiliki di daerah lain dan hanya ditemukan di wilayah Kabupaten Muratara.

BACA JUGA:Wajib Dikunjungi, 9 Destinasi Wisata di Kabupaten Musi Rawas

“Saran kami untuk pengembangan harus ado jalan setapak menuju air terjun biar bisa lebih mudah dikunjungi, jadi memang wisata itu harus memenuhi 3 A, yaitu aksesibilitas, amenitas (sarana) dan atraksi,” ucapnya.

Untuk akses bisa dengan membuat jalan setapak menuju air terjun dan bisa juga dengan mengoptimalkan transportasi air menuju spot wisata.

“Untuk amenitas perlu dipenuhi sarana penunjang wisata, seperti homestay, mushola, toilet, sinyal, listrik dan lain lain. Untuk atraksi bisa ditambahkan sarana permainan air tubing, flyngfox dan lain lain,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, Dinas Pariwisata Kabupaten Muratara, hanya melaporkan hasil observasi itu dalam bentuk saran, analisis data serta dokumentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumateraekspres.bacakoran.co