Demi Masyarakat, Musi Rawas Siap Percepatan UHC

Demi Masyarakat, Musi Rawas Siap Percepatan UHC

Bupati Musi Rawas beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, Asisten Deputi Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan W--

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam rangka percepatan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Provinsi Sumatera Selatan, Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Kesehatan Masyarakat bersama BPJS Kesehatan melakukan audiensi dengan Bupati Musi Rawas yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Musi Rawas, Rabu 17 Mei 2023.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Musi Rawas beserta jajaran,Kepala Dinas Kesehatan danSekretaris Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas, Asisten Deputi Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan Wilayah III, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau,  dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Musi Rawas.

Dalam audiensi tersebut, Lesty Nurainymewakili TGUPP menyampaikan bahwa TGUPP dibentuk untuk memastikan bahwa percepatan pembangunan khususnya di bidang kesehatan dapat segera diwujudkan oleh seluruh kota dan kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan khususnya integrasi jaminan kesehatan ke dalam Program JKN melalui komitmen UHC.

“Mengutip pesan dari bapak gubernur, dengan adanya UHC ini diharapkan masyarakat dapat  berobat dengan hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Masyarakat juga dapat memperoleh jaminan kesehatan dimana saja, mendapatkan pelayanan yang berkualitas tanpa ada kendala apapun, termasuk kendala biaya. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya kami berharap adanya sinergi dan peran serta seluruh stakeholdersbaik dari pemerintah daerah, BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan dalam melengkapi sarana dan prasarananya,” jelas Lesty.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Lubuklinggau Sosialisasikan e-Dabu Versi Terbaru

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Apresiasi Lubuklinggau, Muratara dan Lahat Atas Capaian UHC

Asisten Deputi Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah III, Juliansyah menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan karena telah senantiasa memberikan dukungan penuh agar masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Selatan dapat dijamin kesehatannya melalui Program JKN. Juliansyah juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Musi Rawas yang telah memfasilitasi diadakannya audiensi ini.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi dari para pemangku kepentingan, diharapkan Kabupaten Musi Rawas dapat menyusul tetangga wilayah terdekatnya yaitu Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kabupaten Lahat untuk segera mencapai UHC,” ujar Juliansyah.

Berdasarkan data progres pencapaian UHC per 1 Mei 2023,  jumlah cakupan peserta JKN se-Provinsi Sumatera Selatanadalah sebesar 91,31% atau sebesar 7.894.999 jiwa terhadap penduduk semester I tahun 2022.

Pada periode yang sama pula, untuk jumlah cakupan peserta JKN di Kabupaten Musi Rawas sendiri adalah sebesar 87,66% atau sekitar 360.434 jiwaterhadap penduduk semester II Tahun 2022.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Lubuklinggau Ajak Polres Pagar Alam Deteksi Penyakit Kronis

BACA JUGA:Ini Tanggapan BPJS Kesehatan Lubuklinggau Terkait Keluhan Warga Kota Lahat Soal Pelayanan

Sementara itu,Ratna Machmud selaku Bupati Musi Rawas menyambut baik dengan adanya kunjungan yang dilakukan TGUPP Provinsi Sumatra Selatan dan diselenggarakannya audiensi akan percepatan UHC Kabupaten Musi Rawas ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kujungan dari TGUPP Propinsi Sumatera Selatan dan inisiasinya untuk mengadakan audiensi ini. Kami selaku pemerintah Kabupaten Musi Rawas mendukung percepatan UHC ini, intinya apapun demi kepentingan masyarakat Musi Rawas, saya utamakan untuk dicapai, ini merupakan salah satu komitmen saya sebagai abdi masyarakat,” ucap Ratna.

Lebih lanjut lagi, Ratna menegaskan bahwa setelah audiensi ini dirinya akan segera melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait agar pendataan masyarakat dalam percepatan UHC dapat segera terpenuhi dan turut serta mengawal progres pencapaiannya.

“Walaupun jumlah penduduk Musi Rawas hampir dua kali lipat dari jumlah penduduk wilayah terdekat, tapi kami yakin dengan semangat kolaborasi dan sinergi antar instansi dan fasilitas kesehatan, UHC Musi Rawas dapat segera tercapai,” tutup Ratna.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: