BPJS Kesehatan Lubuklinggau Ajak Polres Pagar Alam Deteksi Penyakit Kronis

BPJS Kesehatan Lubuklinggau Ajak Polres Pagar Alam Deteksi Penyakit Kronis

BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau pun kian giat menerapkan upaya promotif dan preventif bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk menyosialisasikan skrining riwayat kesehatan kepada anggota Polres Kota Pagar Alam, Jumat (20/1/2023).--

PAGARALAM, LINGGAUPOS.CO.ID - Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Dengan melakukan skrining, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, serta potensi penyakit apa yang bisa saja dialami di kemudian hari. 

BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau pun kian giat menerapkan upaya promotif dan preventif bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), termasuk menyosialisasikan skrining riwayat kesehatan kepada anggota Polres Kota Pagar Alam, Jumat (20/1).

Kapolres Pagaralam Polda Sumsel, AKBP Erwin Irawan pun menyambut baik kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu mengawal dan menyukseskan Program JKN. Terlebih, program ini sejalan dengan komitmen dari Walikota Pagar Alam untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Pagar Alam.

“Salah satu fokus Walikota Pagar Alam adalah di bidang kesehatan. Kami akan terus dukung penuh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara dari program jaminan kesehatan agar program ini dapat menciptakan masyarakat Pagar Alam yang sehat. Kami sendiri berterima kasih sudah diberi informasi mengenai skrining ini. Tentu selanjutnya akan kami coba lakukan sendiri dan menginformasikannya kepada rekan-rekan kami,” ucap Erwin.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Harry Nurdiansyah mengajak agar seluruh anggota Polres Pagar Alam dapat segera melakukan skrining riwayat kesehatan.

Ia pun meminta Dokkes Polres Pagar Alam agar dapat menggiatkan skrining tersebut kepada peserta JKN yang terdaftar.

“Skrining riwayat kesehatan ini penting dilakukan oleh peserta JKN untuk mengetahui potensi risiko penyakit kronis sedini mungkin. Skrining dapat dilakukan secara mudah melalui web skrining BPJS Kesehatan, https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id/skrining/index.html, Aplikasi Mobile JKN, dan melalui Chat Assistant JKN (CHIKA) pada WhatsApp di nomor 08118750400, atau Telegram @BPJSKes_bot atau Facebook Messenger BPJS Kesehatan.” jelas Harry.

Selain skrining, kunjungan tersebut juga membahas target Kota Pagar Alam untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) di tahun 2023 ini.

Harry menerangkan bahwa per tanggal 1 Januari 2023 tercatat ada 114.526 jiwa atau 77,41 persen masyarakat Kota Pagar Alam yang sudah terlindungi JKN. 

Tahun ini, ia pun berharap capaian perluasan kepesertaan JKN di Kota Pagar Alam dapat menembus 95 persen dan meraih UHC.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: