Catat ini Waktu Puncak Gerhana Matahari Hibrida di Sumatera Selatan, Abadikan Momen Langka ini

Catat ini Waktu Puncak Gerhana Matahari Hibrida di Sumatera Selatan, Abadikan Momen Langka ini

Fenomena Gerhana Matahari Hibrida bakal terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H-Dokumen-LINGGAUPOS.CO.ID

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Hari ini, Kamis 20 April 2023 akan terjadi terjadi Gerhana Matahari Hibrida yang dapat diamati di Indonesia, yang juga bisa diamati di Sumatera Selatan.

Bagi warga Sumatera Selatan, harus mengetahui kapan waktu puncak Gerhana Matahari Hibrida, agar bisa mengabadikan momen langka ini.

Dikutip dari bmkg.go.id, Kamis 20 April 2023, dijelaskan secara berikut puncak Gerhana Matahari Hibrida di seluruh wilayah Sumatera Selatan.

Namun sebelum itu, seperti diketahui bahwa, bahwa Gerhana Matahari Hibrid terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Hibrida Disebut Bisa Jadi Patokan Hari Raya Idul Fitri, BRIN Berikan Penjelasan

Sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Kemudian tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan.

Sehingga Gerhana Matahari Hibrid terdiri dari dua tipe gerhana, Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total.

BACA JUGA:Durasi Gerhana Matahari Hibrida di Sumatera Selatan 2 Jam 20 Menit, Berikut Rincian Setiap Kabupaten dan Kota

Terdapat tiga macam bayangan Bulan yang terbentuk saat GMH, yaitu antumbra, penumbra, dan umbra.

Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Cincin. Sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Kemudian di daerah tertentu lainnya yang terlewati umbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Total.

Sementara itu, Gerhana yang teramati dari Sumatera Selatan berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,397 di Martapura hingga 0,328 di Rupit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id