Katanya Menelpon saat Hujan Badai Pakai Telepon Rumah Berbahaya, Bagaimana kalau Handphone?

Katanya Menelpon saat Hujan Badai Pakai Telepon Rumah Berbahaya, Bagaimana kalau Handphone?

Banyak orang menganggap HP menjadi penyebab utama sambaran petir. -instagram.com-

Handphone hanya akan berbahaya ketika sedang dicolokan ke stop kontak untuk dicas. Ini karena pada dasarnya segala yang dicolokan ke stop kontak itu berbahaya karena biasanya mereka akan terhubung langsung ke kabel luar.

BACA JUGA:6 Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

“Hal pertama yang harus dipahami orang adalah bahwa tidak ada yang benar-benar menarik petir, tetapi petir mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu. Kuncinya adalah posisilan diri di tempat yang aman," katanya.

Terkait banyak orang yang tersambar petir dengan kondisi handphone yang hancur terbakar itu adalah murni karena efek dari sambaran petir. Dengan kekuatan yang dahsyat, petir tentu dapat mengakibatkan kerusakan besar termasuk juga handphone.

Namun demikian bukan berarti handphone lah yang menjadi biang keladi yang menyebabkan petir menyambar. John menegaskan bahwa handphone baru rusak setelah petir menyambar ke bagian lainnya yang lebih tinggi seperti pohon atau menara sutet.

"Jika seseorang tersambar petir dan mereka membawa handphone, tentu handphone akan meleleh atau terbakar. Tetapi orang-orang banyak yang menyalahkan handphonenya sebagai penyebab utama adahal tidak demikian," pungkas John.

BACA JUGA:Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Bermain HP Saat Hujan di Dalam Ruangan Tetap Aman

Peluang ponsel tersambar petir adalah kemungkinan yang kecil untuk bisa terjadi. Namun, petir bisa jadi menyambar orang yang menggunakan ponsel ketika berada di lapangan terbuka.

Petir tersebut bukan menyambar karena HP tapi karena orang tersebut berdiri sebagai objek paling tinggi di tempat petir menyambar.

Penggunaan HP dan telepon portable tanpa kabel di dalam ruangan selama badai petir, bisa benar-benar aman karena tidak ada kabel yang dapat dilalui oleh muatan listrik.

Hal yang perlu diperhatikan saat bermain HP di dalam rumah saat hujan petir, adalah ketika ponsel terhubung dengan charger ke colokan listrik.

BACA JUGA:Pamit Pergi CFD, Bocah Lubuklinggau Tak Tertolong Hanyut di Sungai Kelingi

Saat listrik menyambar tiang listrik, ada kemungkinan beban listrik bisa memenuhi jaringan listrik rumah dan turut merusak ponsel yang sedang diisi daya.

Namun, kejadian ini jarang sekali terjadi, karena kebanyakan rumah-rumah yang cukup tinggi juga dilengkapi dengan penangkal petir, dan jaringan listrik di rumah yang baik senantiasa memiliki ground yang tersambung ke tanah untuk mengalirkan kelebihan muatan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: