Katanya Menelpon saat Hujan Badai Pakai Telepon Rumah Berbahaya, Bagaimana kalau Handphone?

Katanya Menelpon saat Hujan Badai Pakai Telepon Rumah Berbahaya, Bagaimana kalau Handphone?

Banyak orang menganggap HP menjadi penyebab utama sambaran petir. -instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Belum lama ini ramai di media sosial peristiwa seseorang yang tersambar petir saat diduga sedang bermain HP.

Banyak orang menganggap HP menjadi penyebab utama sambaran petir. Lantas benarkah main HP saat hujan bisa tersambar petir?

Merangkum laman stanford.edu, ponsel sudah menjadi anggapan umum bisa menjadi perangkat potensial untuk menarik sambaran petir.

Padahal sambaran petir yang mengenai suatu objek di atas tanah bergantung pada benda yang paling tinggi.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minum Jus Seledri, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker Loh!

Proses Terjadinya Petir

Petir terjadi karena awan yang sarat bermuatan listrik negatif, tertarik dengan listrik positif di Bumi untuk segera menetralkan muatannya. Aliran listrik negatif dari awan ke bumi ini yang kita kenal sebagai petir.

Karena segera ingin mencapai Bumi, maka petir atau kilat ini akan tertarik untuk menyambar atau melewati benda-benda yang tinggi di permukaan Bumi.

Faktanya, dilansir dari indozone.id, para ahli dari National Weather Service mengatakan bahwa menggunakan smartphone ketika ada petir sama sekali tidak memiliki hubungan dan pengaruh. 

Dikutip dari  jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menjelaskan ada tiga faktor utama yang mempengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang.

BACA JUGA:Tidur itu Harus Memejamkan Mata, kok Ikan Tidak! Jadi Ikan Tidur Bagaimana?

Pertama, soal ketinggian. Kedua merujuk pada bentuk runcing. Ketiga soal isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir. Sehingga hal yang  perlu diperhatikan adalah lokasi serta memastikan diri berlindung di tempat yang aman. 

Menurut John Jensenius, spesialis keamanan petir untuk National Weather Service, bermain handphone dengan tersambar petir sebenarnya tidak ada kolerasinya. Yang bahaya adalah menelepon dengan telepon rumah saat terjadi badai.

John menyebut, petir bisa merambat ke telepon rumah melalui kabel telepon yang akhirnya akan melukai orang yang menggunakan telepon rumah. Sementara untuk perangkat handphone, penggunaannya jauh lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: