Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Axolotl, ikan langka Meksiko yang terancam punah.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah hewan amfibi yang termasuk genus tunggal dari keluarga Ambystomatidae. Axolotl adalah salah satu jenis salamander dengan bentuk fisik yang unik.

Binatang unik nan menggemaskan yang terlihat seperti Pokemon ini dikenal hanya memiliki satu habitat asli saja yaitu di meksiko tepatnya di Danau Xochimilco. Meskipun terancam punah, tak sedikit orang yang ingin memeliharanya. 

Makhluk ini memiliki kemampuan yang langka, yaitu mereka bisa tetap menjadi tahap larva sepanjang hidup mereka. Sementara amfibi lain tumbuh dan meninggalkan air untuk hidup di tanah kering, seperti kodok, kebanyakan axolotl tetap menjadi “bayi” seumur hidup mereka.

Axolotl sendiri sebenarnya adalah hewan berjenis amfibi. Tapi tunggu dulu, jika axolotl sepanjang hidupnya berada di air, harusnya mereka adalah spesies ikan.

BACA JUGA:Pamit Pergi CFD, Bocah Lubuklinggau Tak Tertolong Hanyut di Sungai Kelingi

Secara teknis memang seperti itu, tetapi itu tidak benar! Dalam kasus yang jarang terjadi, axolotl akan tumbuh dewasa, tidak menjadi “bayi” seumur hidup. Axolotl dewasa ini akan meninggalkan air dan hidup di darat, tetapi ini sangat jarang sekali terjadi.

Karena kemampuannya untuk tumbuh, bisa hidup di daratan, maka para ahli mengklasifikasikan axolotl sebagai amfibi. Saat axolotl tumbuh dewasa, mereka disebut dengan salamander Mexico.

Nama hewan lucu ini berasal dari bahasa Aztec yang berarti "anjing air" atau "monster air".. Axolotl memiliki tubuh memanjang, kaki pendek, dan ekor. Mereka memiliki insang luar “berbulu”. Axolotl memiliki empat jari di kaki depan dan lima jari di kaki belakang. Mereka bisa tumbuh hingga 30 cm.

Axolotl juga dikenal memiliki mulut yang cukup lebar. Jika diperhatikan dari sudut tertentu, Axolotl terlihat seperti secara permanen. Axolotl juga memiliki beragam warna, dari mulai, coklat, hitam, putih, dan bintik-bintik emas.

BACA JUGA:Yourway Myway

Walaupun terlihat imut, ternyata mereka adalah predator puncak di habitatnya, mereka memangsa cacing, kecebong, serangga, dan beberapa jenis ikan.

Axolotl juga sangat agresif terhadap satu sama lain. Dua axolotl di area yang sama akan menyerang satu sama lain, menggigit insang, kaki, dan ekor. Axolotl memiliki kemampuan meregenerasi anggota dan organ tubuh, bahkan mereka bisa menumbuhkan jantung mereka sendiri.

Axolotl termasuk ke dalam hewan nokturnal, artinya mereka menghindari cahaya. Seperti banyak hewan nokturnal lainnya, mereka memiliki penglihatan yang buruk dan mengandalkan indra lainnya, yaitu penciuman, untuk memburu mangsa.

Kita akan kesulitan untuk menemukan hewan ini di alam liar, karena amfibi ini memiliki habitat yang sangat kecil, mereka hanya hidup di danau dekat Mexico City. Akibat aktivitas manusia, sebagian besar habitat mereka telah hancur, mereka kerap diburu untuk dijadikan hewan peliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: