Tidur itu Harus Memejamkan Mata, kok Ikan Tidak! Jadi Ikan Tidur Bagaimana?

Tidur itu Harus Memejamkan Mata, kok Ikan Tidak! Jadi Ikan Tidur Bagaimana?

Tidur ikan memang tidak sama dengan cara manusia tidur.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Layaknya manusia dan binatang lain, ikan juga memiliki aktivitas tidur dalam ritme hidup kesehariannya. Namun, tidurnya ikan berbeda dengan makhluk hidup lainnya. 

Seperti halnya kelelawar yang tidur dengan cara menggantungkan posisi kaki di atas sementara kepalanya pada bagian bawah. 

Semua ikan perlu istirahat. Baik manusia atau ikan haddock, tidur sangatlah penting karena dapat memberi tubuh waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Dengan tidur, otak memiliki kesempatan untuk melakukan pengaturan ulang dan membersihkan diri.

BACA JUGA:6 Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Berbeda dengan hewan seperti anjing dan kucing yang bisa kita lihat sehari-hari yang tidur dengan wajah menggemaskan, jika kita mengamati ikan secara terus menerus, sepertinya mereka tidak tertidur sama sekali.

Apakah ikan bisa tidur? Dan dengan asumsi mereka melakukannya, bagaimana cara ikan tidur? Karena bergerak terus-menerus, seharusnya mereka membutuhkan istirahat dari waktu ke waktu, bukan?

Faktanya, ikan memang bisa tertidur! Jika Anda mengamati ikan cukup lama. Ada periode waktu tertentu di mana mereka tampak “melayang di tempat”, tetapi jika Anda perhatikan, mata mereka terbuka pada saat itu, apakah mereka memang benar-benar sedang tidur?

Jawabannya adalah ya! Mereka sedang tidur, dan mereka bisa tidur kapan saja, siang atau malam. Ikan memang tidur dengan mata terbuka, karena mereka tidak memiliki kelopak mata (kecuali beberapa spesies hiu) untuk menutup mata!

BACA JUGA:Ada yan Tau? Axolotl Itu Ikan, Reptil, atau Amfibi?

Tidur ikan memang tidak sama dengan cara manusia tidur. Ikan tentu saja tidak memiliki tempat tidur dan menggunakan bantal untuk tidur seperti manusia. Bagi ikan tidur lebih seperti masa istirahat mirip dengan lamunan yang mungkin dialami manusia.

Ikan tidur dengan caranya mereka sendiri. Karena ikan tidak memiliki kelopak mata, maka tidurnya dilakukan dengan kondisi mata yang tetap terbuka sebagaimana ketika beraktivitas. 

Mengutip The Conversation, kelopak mata tidak dibutuhkan ikan yang tinggal di dalam air, karena tidak ada debu yang akan mengenai lensa mata mereka.

Walaupun sedang tertidur tubuh ikan selalu terlihat bergerak, karena sebagian besar ikan perlu terus bergerak sehingga mereka terus mengalirkan air melewati insang untuk menjaga tingkat oksigen yang tepat dalam tubuh mereka, bahkan saat sedang tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: