4 Manfaat Minum Jus Seledri, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker Loh!

 4 Manfaat Minum Jus Seledri, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker Loh!

Seledri merupakan jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan wortel yaitu apiaceae atau umbelliferae.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Daun seledri bukan daun yang asing bagi kita. Kita sering melihat daun ini di pasar saat membeli sayuran, atau bahkan melihatnya di makanan tertentu.

Berbeda dengan sayuran lainnya, daun seledri memiliki ukuran yang kecil dan batang yang panjang. Selain ukuran yang berbeda, warna daun seledri juga berbeda. Kalau kebanyakan sayur memiliki warna hijau muda atau cerah, daun seledri memiliki warna hijau tua.

Selain ukuran, bentuk, dan warna, daun seledri juga memiliki fungsi yang berbeda. Kebanyakan sayuran biasanya diolah menjadi masakan tertentu, biasanya karena ukuran yang lebih besar, sehingga bisa diolah dengan mudah.

Namun, daun seledri, karena ukurannya yang kecil, biasanya tidak dimasak menjadi masakan, melainkan hiasan alias garnish, bisa jadi taburan untuk masakan tertentu, atau untuk menambah rasa pada masakan.

BACA JUGA:Tidur itu Harus Memejamkan Mata, kok Ikan Tidak! Jadi Ikan Tidur Bagaimana?

Untuk taburan, biasanya seledri dicincang kemudian ditaburkan begitu saja bersama dengan bawang goreng. Biasanya taburan seledri ditambahkan pada makanan berkuah. Sedangkan untuk penambah rasa, seledri biasanya dimasak bersama dengan cara direbus.

Jadi, ukuran daun seledri memang kecil, makanya tidak diolah jadi masakan dan hanya digunakan sebagai hiasan. Namun, jangan salah, meski ukurannya kecil, daun seledri ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun seledri? Yuk cari tahu sama-sama!

Seledri merupakan jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan wortel yaitu apiaceae atau umbelliferae.

Tanaman seledri, baik batang, daun, dan bijinya, kaya akan sumber vitamin (vitamin A, vitamin, B, vitamin C, dan vitamin K), mineral, dan antioksidan yang melimpah.

BACA JUGA:6 Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Dilansir dari WebMD, seledri pertama kali ditemukan di Mediterania. Kala itu, seledri tidak digunakan sebagai bahan makanan namun digunakan sebagai obat.

Meski biasanya digunakan sebagai campuran dalam masakan tertentu seperti sup, seledri bisa dimanfaatkan dengan cara lain, yaitu menjadikannya jus.

Mengolah seledri menjadi jus sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan 3-4 batang seledri yang sudah dicuci lalu haluskan menggunakan juicer atau blender.

Bagi penyuka jus dingin, maka bisa menambahkan es dalam jusnya dan untuk menjadikan jus seledri semakin segar, bisa dicoba dengan menambahkan apel hijau, jahe segar, mentimun, daun mint, ataupun jus lemon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: