Fakta-fakta Terkait Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, No 5 Bikin Kaget

Fakta-fakta Terkait Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, No 5 Bikin Kaget

Wilayah Rencana Pemerkaran Sumsel Barat-Edi Sucipto-LINGGAUPOS.CO.ID

Namun, ia mengungkapkan beberapa persoalan yang membuat rencana ini berjalan di tempat, atau sulit untuk dilaksanakan.

BACA JUGA:Sudah Daftar Haji, Bingung Kapan Berangkat? Jangan Khawatir Berikut Cara Mengetahuinya, Tinggal KLIK

"Sampai dengan saat ini tidak ada dukungan dari pemerintah daerah. Dari 6 daerah yang akan bergabung dalam Provinsi Sumsel Barat ini, baru satu daerah yang menyatakan dukungan," jelasnya.

Dukungan yang dimaksud, Wahisun berisi surat pernyataan dari Kepala Daerah dan paripurna DPRD mengenai persetujuan bergabung untuk pemerkaran.

"Sampai dengan saat ini, baru Kabupaten Empat Lawang yang menyatakan persetujuan. Sementara 5 daerah lainnya belum menyatakan persetujuan," katanya.

Dijelaskannya, kalau sudah ada persetujuan dari 6 daerah, maka akan diakukan ke Gubernur dan DPRD Sumatera Selatan, baru kemudian ke Komisi II DPR RI.

BACA JUGA:Semester III 2023 Tol Kapal-Betung Selesai, Segini DANA yang Dikucurkan, Ternyata Tidak Sedikit Loh

"Sekarang memang moratorium pemekaran kecuali Papua. Namun yang sudah masuk grand design, ada 40 provinsi termasuk Sumsel Barat di Komisi II DPR RI," tambahnya.

Ia berharap jangan sampai, ketika moratorium dicabut, dan pemerintah siap melakukan pemerkaran, ternyata Sumsel Barat tidak memenuhi syarat.

"Makanya saat inilah kesempatan untuk memenuhi syarat tersebut. Apalagi sebenarnya para kepala daerah habis masa jabatannya," kata Wahisun. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: