Fakta-fakta Terkait Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, No 5 Bikin Kaget

Fakta-fakta Terkait Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, No 5 Bikin Kaget

Wilayah Rencana Pemerkaran Sumsel Barat-Edi Sucipto-LINGGAUPOS.CO.ID

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Rencana pemekaran Provinsi Sumsel Barat, akan membuat wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) terbagi. Namun tidak semua wilayah akan bergabung ke provinsi ini.

Kalaupun kemudian Provinsi Sumsel Barat terwujud, diketahui hanya 6 daerah yang akan bergabung ke provinsi ini. Namun jauh sebelum muculnya wacana Provinsi Sumsel Barat ini, juga muncul wacana Provinsi Sumteng.

Khusus wacana Provinsi Sumteng ini muncul dari Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Yang saat itu, presidium mewacanakan Sumteng adalah pecahan Bengkulu, Sumsel dan Jambi.

Karena wilayahnya meliputi Rejang Lebong di Bengkulu, kemudian Sumsel meliputi Lubuklinggau, Musi Rawas, dan Sarolangun di Jambi.

BACA JUGA:Fakta Mengejutkan Terkait Rencana Pemekaran Provinsi Sumsel Barat, Begini Ceritanya

Tidak lama setelah wacana tersebut, kemudian mucullah wacana Sumsel Barat ini.

Terkait rencana pemekaran Provinsi Sumsel Barat ini, berikut fakta-faktanya

1. Terdiri dari 6 Daerah

Presidium Pemekaran Provinsi Sumsel Barat mengajak 6 daerah di Sumsel untuk bergabung dalam provinsi baru ini.

BACA JUGA:Lubuklinggau Sudah Siap Jadi Ibukota, Apa Kabar Pemekaran Sumsel Barat?

Ke-6 daerah yang diajak bergabung tersebut, yakni Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Empat Lawang, kemudian Kota Pagaralam dan Kota Lubuklinggau.

2. Infrastuktur Ibu Kota Sudah Siap 

30 Januari 2022, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengungkapkan, sangat mendukung pemekaran Provinsi Sumsel Barat atau Sumselbar.

Nanan, begitu panggilan akrab  H SN Prana Putra Sohe, mengungkapkan ia sangat mendukung pemekaran Sumsel Barat yang sudah sejak lama digaungkan Syahrial Oesman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: