13 Jenis Makanan Ini Dongkrak Stamina, Yuk Dicoba

13 Jenis Makanan Ini Dongkrak Stamina, Yuk Dicoba

10 Makanan Sehat Pendongkark Energi Pagi---Pixabay--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Makanan merupakan sumber energi yang sangat vital bagi makhluk hidup manapun. Tanpa adanya makanan dan minuman, manusia tidak dapat melangsungkan hidupnya. 

Bagi manusia, makanan adalah kebutuhan pokok yang diperlukan setiap saat dan butuh pengolahan yang baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh, karena makanan sangat diperlukan untuk oleh tubuh.

Makanan penting untuk sumber tenaga, pertumbuhan tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit.

Anda membutuhkan banyak energi untuk mengatasi gaya hidup Anda yang sibuk, terutama jika Anda menyukai olahraga.

BACA JUGA:Ini Pertimbangan Hakim Vonis Lebih Ringan Perawat RSUD Siti Aisyah yang Cabuli Adik Pasien

Berikut ini kami akan memberikan daftar makanan yang memberi Anda cukup stamina untuk membuat Anda tetap aktif sepanjang hari.

Meskipun makanan tertentu dalam diet Anda sebenarnya dapat mengurangi stamina, makanan sehat membantu membangun stamina dan meningkatkan tingkat energi Anda, terutama jika Anda tertarik pada olahraga dan atletik.

 

Sebagai seorang olahragawan, Anda membutuhkan makanan yang dirancang tidak hanya untuk memberi Anda energi tetapi juga membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Ahli gizi Smruti Gokhale menyebut bahwa nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin C sangat penting bagi mereka yang menyukai olahraga.

Nutrisi tersebut dikatakan Smruti akan membuat Anda tetap aktif dan merasa energik.

Dikutip dari laman Times of India, berikut sederet makanan yang bisa membangun Stamina:

- Oatmeal: Oatmeal adalah karbohidrat yang tidak diproses, yang dicerna dengan lambat dan karenanya membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Kata Kathpal, “Oatmeal, sereal yang penuh daya, menyediakan energi berkelanjutan selama berjam-jam. Karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi, ia terurai perlahan di tubuh Anda dan menjaga gula darah pada tingkat optimal.

- Kacang: Kaya akan mineral dan zat besi yang membantu tubuh Anda menghasilkan sel darah merah (Sel Darah Merah) yang membawa oksigen ke otot saat Anda berolahraga dan juga membangun stamina.

BACA JUGA:KPK Tangkap Lukas Enembe, Massa Serbu Bandara Sentani, Dua Warga Terkena Peluru Nyasar

- Kopi: Kopi dikenal sebagai penyedia energi instan. Diketahui untuk membantu melawan kelelahan, karena memicu sistem saraf pusat. Kopi membuat Anda tetap berenergi dan aktif sepanjang hari.

- Sayuran berdaun hijau: Dikemas dengan mikronutrien, sangat penting untuk membangun stamina dan juga untuk meningkatkan jumlah sel darah merah Anda. Sayuran berdaun hijau kaya akan serat dan dicerna dengan lambat sambil mempertahankan kadar glukosa darah Anda.

- Pisang: Pisang adalah sumber energi yang sangat baik dan paling baik dimakan beberapa jam sebelum Anda berniat untuk berolahraga. Selain menjadi sumber karbohidrat yang hebat, mereka juga efektif karena memicu pelepasan 'dopamin' — bahan kimia yang membangun konsentrasi dan fokus Anda.

- Selai kacang: Kacang dikatakan mengandung asam lemak Omega 3 yang membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan kesehatan jantung dan mengembangkan otak Anda. Selai kacang juga sangat baik untuk membangun stamina. Ini tinggi kalori dan dicerna dengan lambat. Konsumsilah selai kacang yang dikombinasikan dengan karbohidrat kompleks.

BACA JUGA:Supercopa de Espana: Prediksi Real Madrid vs Valencia, Misi Pertahankan Gelar

- Daging tanpa lemak, ikan, ayam, dan telur: Kata Gokhale, “Kaya akan protein, makanan ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, pembentukan dan perbaikan otot. Daging membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat Anda merasa kenyang dan aktif sepanjang hari.”

- Anggur merah: Anggur merah mengandung 'resveratol' yang memberikan peningkatan energi. Anggur ini mengandung sedikit gula, yang memberi Anda energi instan dan membantu membangun stamina.

- Jus bit: Mengkonsumsi segelas jus bit sebelum berolahraga akan membuat tubuh Anda bekerja berjam-jam tanpa merasa lelah. Beetroot kaya akan vitamin A dan C — keduanya membantu membangun stamina dan mengurangi kelelahan.

- Quinoa: Quinoa (Bathua) dinyatakan sebagai biji-bijian suci oleh Kekaisaran Inca dan diumpankan kepada para prajurit sehingga mereka bisa mendapatkan energi! Ini berisi delapan asam amino esensial, vitamin, mineral dan serat. Ini memberi energi instan dan membuat Anda tetap aktif. Mudah dimasak dan bisa dimasak seperti nasi hanya dalam 10 menit!.(*)

 

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: 13 Jenis Makanan Terbaik untuk Mendongkrak Stamina di Pagi Hari

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id