Yamaha: Tak Punya Tim Satelit, Cal Crutchlow Ogah-ogahan Jadi Rider Wildcard

Yamaha: Tak Punya Tim Satelit, Cal Crutchlow Ogah-ogahan Jadi Rider Wildcard

Cal Crutchlow, test rider Yamaha, mengakui enggan menjalani tiga balapan dengan fasilitas wildcard di MotoGP 2023.-twitter.com/motogp/-

Pada 2022, ia ikut balapan di enam seri terakhir karena Andrea Dovizioso memilih pensiun usai Seri San Marino. Namun, soal wildcard, ia blak-blakan mengaku enggan.

BACA JUGA:8 Merk Helm di MotoGP 2023, Mana yang Paling Banyak Dipakai Pembalap?

Sebut Balapan Wildcard Bakal Jadi Mimpi Buruk

"Saya beruntung tahun ini, karena menjalani dua tes sebelum kembali, sehingga bisa langsung menyesuaikan diri dengan kecepatan. Jadi, kita lihat saja pada 2023. Saya tak mau kembali dan menjalani wildcard di sana-sini tahun depan, karena bakal jadi mimpi buruk," ujar Crutchlow, yang juga pernah membela Ducati dan Honda.

Rider Inggris berusia 37 tahun ini menyatakan bahwa menjalani balapan wildcard tidaklah sama dengan enam balapan yang ia jalani pada 2022.

Balapan wildcard yang jaraknya terlalu jauh antara satu sama lain justru ia anggap tidak akan efektif menghasilkan data berharga karena ia takkan dalam kondisi prima.

"Enam balapan yang saya jalani tahun ini tidak buruk, karena saya konsisten berkendara dari satu akhir pekan ke akhir pekan lainnya. Namun, jika Anda menjalani satu wildcard dan lalu harus menunggu enam bulan untuk wildcard selanjutnya, dan lalu mungkin dua bulan... menurut saya malah sangat sulit dilakukan," curhatnya.

BACA JUGA:Ranking FIFA: Argentina ke-2, Timnas Indonesia Naik Peringkat

Pabrikan Lain Juga Bakal Turunkan Wildcard

Sebelumnya, Yamaha memang dikenal jarang menurunkan rider wildcard dalam balapan MotoGP, meski punya tiga kesempatan. Namun, pabrikan lain tampaknya tetap akan rajin memanfaatkan kesempatan ini.

Ducati misalnya, yang selalu memberikan jatah wildcard kepada sang test rider, Michele Pirro.

Honda juga rajin memberikan jatah wildcard kepada Stefan Bradl, begitu pula Aprilia yang selalu memberi kesempatan Lorenzo Savadori untuk balapan.

KTM juga diperkirakan kembali menurunkan Dani Pedrosa untuk pertama kali sejak 2021. Pedrosa mengaku KTM ingin mengevaluasi performa dengan adanya sprint race mulai 2023.*

BACA JUGA:Michele Pirro: Test Rider Pahlawan Ducati, Menderita di Era Valentino Rossi, Berjaya di Era Pecco Bagnaia

Daftar test rider MotoGP 2023 :

  • Ducati: Michele Pirro
  • Yamaha: Cal Crutchlow
  • Aprilia: Lorenzo Savadori
  • KTM dan GASGAS: Dani Pedrosa dan Mika Kallio
  • Honda: Stefan Bradl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: