8 Merk Helm di MotoGP 2023, Mana yang Paling Banyak Dipakai Pembalap?

8 Merk Helm di MotoGP 2023, Mana yang Paling Banyak Dipakai Pembalap?

Helm merupakan salah satu perlengkapan yang krusial bagi para rider MotoGP.-twitter.com/motogp-

LINGGAUPOS.CO.ID - Helm sangatlah mendukung keselamatan untuk area kepala para rider MotoGP.

Selain itu helm juga merupakan salah satu perlengkapan yang krusial bagi para rider MotoGP. Pasalnya, helm sangatlah penting untuk mendukung keselamatan mereka di lintasan.

Pada MotoGP 2023, terhitung ada delapan merek helm yang terlibat.

Sebelum dipakai para rider berlaga di lintasan, helm-helm MotoGP harus melewati berbagai tes kelayakan. Hal ini dilakukan demi memastikan bahwa helm tersebut memiliki kualitas yang tinggi karena MotoGP merupakan ajang balap yang cukup berbahaya.

BACA JUGA:Michele Pirro: Test Rider Pahlawan Ducati, Menderita di Era Valentino Rossi, Berjaya di Era Pecco Bagnaia

Snell Foundation menjadi lembaga khusus yang digandeng oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM) untuk menilai kelayakan helm MotoGP dan WorldSBK. Syarat utama yang harus dimiliki helm MotoGP adalah memiliki lapisan polystyrene dengan ketebalan 2,5 cm.

Syarat Uji Kelayakan Helm MotoGP

Syarat uji yang pertama adalah tes ketahanan panas, dan yang kedua adalah tes benturan. Untuk tes ketahanan panas, helm harus didinginkan dalam suhu 10°C dan langsung dipanaskan dalam suhu 50°C, kemudian direndam di dalam air selama 12 jam.

Untuk tes benturan, helm harus dijatuhkan dari ketinggian 2,5 meter di atas permukaan besi dengan kecepatan 20,8 km/jam. Tes ini perlu dilakukan karena tak jarang pembalap MotoGP mengalami highside alias terlempar dari motor dan terjatuh keras di aspal.

Selain itu, kekuatan tali pengaman helm juga harus diuji. Pasalnya, beberapa kali terjadi kecelakaan di mana helm pembalap terlepas karena kekuatan talinya tidak terlalu baik.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022: Messi Pemain Terbaik, Argentina Panen Penghargaan

3 Rider Belum Menentukan Helm

Beberapa merek helm sudah lolos tes Snell Foundation dan dipakai para bintang MotoGP. Terhitung ada delapan merek yang akan dipakai pada musim 2023 mendatang.

Namun, dari 22 pembalap yang ada, tiga di antaranya masih belum membeberkan helm yang bakal mereka pakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: