Yamaha: Tak Punya Tim Satelit, Cal Crutchlow Ogah-ogahan Jadi Rider Wildcard

Yamaha: Tak Punya Tim Satelit, Cal Crutchlow Ogah-ogahan Jadi Rider Wildcard

Cal Crutchlow, test rider Yamaha, mengakui enggan menjalani tiga balapan dengan fasilitas wildcard di MotoGP 2023.-twitter.com/motogp/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Cal Crutchlow, test rider Yamaha, mengakui enggan menjalani tiga balapan dengan fasilitas wildcard di MotoGP 2023. Padahal, tiga balapan tersebut sangat krusial bagi Yamaha. 

Selain mereka kehilangan tim satelit, Yamaha hanya menurunkan dua pembalap, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

RNF Racing, Tim satelit Yamaha pada 2022, memutuskan pindah ke Aprilia Racing pada 2023. Yamaha pun tak bisa berkutik karena tim independen lainnya masih terikat kontrak dengan para pabrikan rival.

Alhasil, pabrikan asal Jepang ini, untuk pertama kalinya di era MotoGP, hanya akan menurunkan satu tim.

BACA JUGA:Nova Widianto: Digaet BAM, Resmi Tangani Ganda Campuran Bulu Tangkis Malaysia

Kekurangan pembalap pun bakal bikin Yamaha dapat lebih sedikit data untuk pengembangan YZR-M1.

Crutchlow akan tetap bertugas sebagai test rider, tetapi Yamaha yakin mencari data dalam pekan balap bakal makin penting pula.

Alhasil, mereka ingin Crutchlow menjalani tiga balapan dengan fasilitas wildcard.

Jatah Wildcard Pabrikan Non-Konsesi vs Konsesi

"Hanya punya dua motor di grid, kami jelas jauh lebih butuh Cal dari biasanya. Mungkin kami akan melihatnya menjalani beberapa balapan. Kami belum memutuskan. Belum punya rencana pasti. Namun, secara pribadi, saya ingin melihatnya," ujar Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, via Crash.net, Selasa 20 Desember 2022.

BACA JUGA:5 Merek Baju Balap di MotoGP 2023: Ada yang Terbuat dari Kulit Kangguru, Wajib Aman dan Tahan Gesek

Sesuai regulasi teknis MotoGP, para pabrikan non-konsesi hanya mendapatkan jatah wildcard sebanyak tiga kali, sementara para pabrikan konsesi mendapatkan wildcard sebanyak enam kali.

Alhasil, Yamaha ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menurunkan Crutchlow, yang uniknya sudah pensiun pada akhir 2020.

Crutchlow sendiri sempat menjalani balapan pada 2021 untuk menggantikan Franco Morbidelli yang cedera dan Maverick Vinales yang didepak oleh Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: